Sempat Kejar-kejaran, Polisi Bekuk Komplotan Perampok Spesialis Rumah Kosong

PURWOREJO, Berhati-hatilah Anda yang meninggalkan rumah dalam keadaan kosong di siang hari. Rabu kemarin (6/10) sebuah rumah di Kelurahan Kledungkradenan, Kecamatan Banyuurip dibobol perampok spesialis rumah kosong.

Beruntung, tim Satreskrim Polres Purworejo berhasil membekuk komplotan pelaku tersebut. Dalam aksinya mereka membawa senjata api dan juga senjata tajam.

Kasatreskrim Polres Purworejo AKP Agus Budi Yuwono kepada Purworejo News pada Kamis (7/20) pagi mengatakan, kronologi penangkapan komplotan spesialis pembobol rumah kosong itu bermula dari laporan yang menyebutkan ada enam orang yang mencurigakan menginap di salah satu hotel di Kutoarjo.

Barang bukti berupa senjata api dan sejumlah senjata tajam

“Mendapat laporan tersebut, tim bergerak mengintai mereka hingga pergerakan menuju salah satu rumah di Kledungkradenan,” papar Kasatreskrim. Saat itu kemudian terjadi penyergapan hingga akhirnya terjadilah aksi kejar-kejaran.

“Dari enam orang, empat orang berhasil ditangkap sedangkan dua lainnya lolos dan masih kami cari,” papar Kasatreskrim.

Aksi kejar-kejaran terhadap para pelaku yang mengendarai tiga sepeda motor itu berakhir di Jembatan Trirejo setelah polisi melumpuhkan mereka dengan timah panas.

AKP Agus Budi Yuwono

Menurut Kasatreskrim, berdasarkan pengakuan pelaku, keenam orang itu buakanlah warga Purworejo. “Lima orang dari Sumatera dan satu orang dari Jawa Barat,” katanya. Dari penuturan tersangka, disebutkan bahwa mereka memang spesialis pembobol rumah kosong.

Ada wilayah yang sudah menjadi sasaran aksi mereka selain Banyurip, yakni di Kemiri dan Kutoarjo. Barang bukti yang berhasil diamankan yakni dua unit laptop, perhiasan, serta jam tangan.

Terkait kejadian tersebut AKBP Agus Budi Santoso menghimbau agar masyarakat waspada apalagi yang meninggalkan rumah mereka dalam keadaan kosong untuk bekerja.

“Mari kita saling peduli serta meningkatkan pam swakarsa di wilayah termasuk pada siang hari, karena pencuri mengincar saat rumah kosong ditinggal kerja pada siang hari,” pungkas Kasatreskrim. (Dia)

 2,185 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *