Selesai Dibangun, Pasar Purworejo Diserahkan ke Dinas Koperasi UKM Perdagangan

PURWOREJO, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Purworejo menyerahkan bangunan Pasar Purworejo kepada Dinas Koperasi UKM Perdagangan yang telah selesai pembangunannya. Serah terima digelar secara sederhana di Ruang Kerja kepala Dinas PUPR, Selasa (1/12).

Serah terima bangunan Pasar Purworejo dilakukan oleh Kabid Cipta Karya Dinas PUPR Wiyoto Haryono, ST kepada Kasi Pengelolaan Pasar Dinas Koperasi UKM Perdagangan Andito Sidik, ST, disaksikan oleh Kepala Dinas PUPR Suranto, S.Sos, MPA dan Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan Drs Bambang Susilo.

Suranto mengungkapkan, proyek Pasar Purworejo senilai Rp 33 M itu selesai pembangunannya pada 25 November lalu dengan kondisi 100%, tidak termasuk pekerjaan landscap dan pagar. Sedang habis masa kontraknya 2 Desember besok.

“Selanjutnya masuk masa pemeliharaan selama 6 bulan. Pengelolaan selanjutnya diserahkan kepada Dinas KUMKP,” kata Suranto.

Sementara itu pelaksana lapangan PT Putra Jaya Andalan, Fibri Haryanto, menjelaskan, secara fisik Pasar Purworejo sudah selesai 100% dan siap difungsikan. Kelengkapan elektrikal dan mekanikal seperti water toren, lampu dan sound system juga siap digunakan.

Pasar Purworejo sebagai calon pengganti Pasar Suronegaran

“Ada 40 titik penerangan jalan umum yang dipasang di sekeliling pasar,” tambahnya.

Dijelaskan lebih lanjut, fasilitas pasar yang tersedia meliputi kantor, poliklinik, ruang laktasi serta panel pengendali listrik. Juga dilengkapi fasilitasi ram untuk difabel di seluruh sudut. Sehingga difabel bisa masuk ke semua los tanpa kendala.

Dijelaskan juga, di sekeliling pasar tersedia 40 kamar mandi, dua mushola, di blok barat dan di timur. Drainasenya ada di bawah bangunan.

“Rangka atap dan penutup atap bergaransi 10 tahun pasca terbangun. Instrumen pasar juga sudah lengkap,” pungkasnya

Pasar Purworejo dibangun di atas tanah eks bengkok seluas 22.000 m2, dengan luas bangunan 12.000 m2. Pasar terdiri atas tiga bangunan, yaitu pasar barat, pasar timur dan los basah. Jumlah seluruh kios dan los sebanyak 1.000 unit.

Lokasi pasar yaitu di tepi Jalan Kyai Brengkel, Kelurahan Purworejo, dengan lebar 80 meter membujur ke arah barat sepanjang 200 meter. (Nas)

 747 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *