Seleksi Popda Provinsi: Cabor Taekwondo dan Kempo Digelar Non Virtual

PURWOREJO, Sebanyak 54 pelajar tingkat SD, SMP, dan SLTA di Purworejo mengikuti Popda Taekwondo non virtual di Aula SMAN 6 Purworejo, Sabtu (20/4). Selain taekwondo, pada hari yang sama juga dilaksanakan cabor kempo di Aula SMK Kristen Penabur.

Berhubung pandemi, jenis lomba yang dipertandingkan di taekwondo hanyalah poomsae (rangkaian jurus), bukan kyorugi (tarung) seperti pelaksanaan di waktu sebelumnya. Sedang di cabor kempo yaitu tandoku perorangan, Embu berpasangan dan beregu campuran.

Ketua Pengkab Taekwondo Indonesia Eko Haryadi mengatakan, ke-54 peserta itu berasal dari lima dojang atau tempat latihan yang ada di Purworejo. Rinciannya, 30 atlet dari Dojang Ocean, 13 atlet dari Dojang Kids, 6 atlet dari Dojang Cokro, 3 atlet dari Dojang Sentral, dan 2 orang dari Dojang Elang Sakti.

Nomor poomsae pada cabor taekwondo

Mereka, kata Eko, berlaga di tiga kategori yang dipertandingkan. Yaitu perorangan, pairs (pasangan putra putri), dan beregu (tiga orang). “Satu peserta boleh mengikuti lebih dari satu kategori,” ungkap Eko.

Popda diadakan, lanjut Eko, adalah untuk menyeleksi peserta yang akan diikutkan pada Popda Provinsi yang akan digelar secara virtual. Hasilnya, juri lomba yakni Master Joko Suprajitno memilih sembilan peserta terbaik. Terdiri atas lima putra dan empat putri.

Terkait dengan formasinya, Eko berujar, mereka akan diberi latihan khusus sebelum mengikuti lomba virtual yang rencananya akan digelar tanggal 3 April mendatang. “Rencana pengambilan video untuk lomba akan diadakan di Dojang Ocean di Desa Kemanukan Kecamatan Bageken,” ujar Eko.

Proses seleksi cabor kempo

Adapun cabor Kempo, Ketua Pengkab Kempo Purworejo Sumanto menjelaskan, pihaknya telah mengadakan seleksi sebelum seleksi yang diadakan hari Sabtu ini. “Seleksi pertama sudah kami lakukan tanggal 3 Januari lalu dengan peserta sekitar 50 atlet,” kata Sumanto.

Dijelaskannya, para atlet itu berasal dari empat dojo yakni dari Kecamatan Banyuurip, Bener, Purwodadi, dan Purworejo. Dari 50 orang itu diambil 25 atlet yang mengikuti seleksi hari ini. “Besok (Minggu) akan kami saring menjadi 10 orang,” jelas Sumanto.

Sama halnya dengan cabor Taekwondo, ke-10 atlet Kempo itu nantinya akan mewakili Purworejo pada Popda Provinsi yang akan dilakukan secara virtual pada tanggal 7 hingga 10 April. Formasinya, kata Sumanto, yakni pasangan putra, pasangan campuran, perorangan, dan beregu mix yakni dua putra dan dua putri.

“Tempat pengambilan videonya untuk lomba nanti di sini, di aula SMK Penabur seperti halnya tempat seleksi hari ini,” pungkas Sumanto. (Dia)

Tinggalkan Komentar