Dikunjungi Bupati: Sukardi Kini Tak Lagi Tinggal Bersama Kambing

PURWOREJO, Bupati Purworejo H Agus Bastian, SE, MM, Jumat (10/7) sore meninjau perkembangan penanganan Sukardi, warga Kelurahan Cangkrep Lor, Kecamatan Purworejo, yang sempat tinggal bersama kambing-kambing piaraannya. Kisah tentang Sukardi sempat viral beberapa waktu lalu.

Didampingi Camat Purworejo, Sudaryono, S.Sos, Lurah Cangkrep Lor, Tri Salyanto, S.Sos dan Kabag Humas dan Protokol Setda Rita Purnama, SSTP, MM, Bupati menemui Sukardi yang kini tinggal di rumah yang layak huni setelah ada bantuan dari pihak ketiga.

Adalah Sukardi (70), warga RT 1 RW 5 Kelurahan Cangkrep Lor, beberapa tahun harus hidup bersama kambing-kambing miliknya di rumah yang sudah tak layak huni.

Sukardi tinggal bersama dan merawat keponakannya, Kumoro, yang menyandang difabel. Kumoro sejak kecil mengalami kelumpuhan, sehingga sehari-hari hanya terbaring di atas dipan. Makan dan mandi pun harus dibantu oleh Sukardi.

Berita tentang Sukardi sampai ke telinga Bupati Agus Bastian lebih dari sebulan lalu. Seketika itu juga Bupati memerintahkan Camat Purworejo Sudaryono untuk secepatnya mengatasi masalah Sukardi.

Bupati melihat rumah lama Sukardi yang kini untuk kandang kambing

Dengan dukungan pemerintah dan warga masyarakat, akhirnya dibangunlah rumah kecil di pekarangannya. Sementara rumah yang lama digunakan untuk kandang 10 ekor kambing piaraannya.

Kata Bupati, kunjungannya itu ingin memastikan Sukardi sudah ditangani dengan baik. Setelah melihat langsung, Bupati menilai, Sukardi sudah ditangani dengan baik. Kini ia sudah tinggal di rumah yang layak.

“Saya harap seluruh bantuan yang diterima dapat dimanfaatkan dengan baik guna mencukupi kebutuhan pokok harian keluarga serta hidup dengan layak”, ujar Bupati.

Menurutnya, Sukardi dan Kumoro selama ini sudah banyak mendapatkan bantuan, antara lain Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang setiap bulan di e-warung, PBI JKN (Kartu KIS), bantuan Orang Dengan Kecacatan Berat (ODKB) sebesar Rp 3,6 juta setahun dari Pemkab Purworejo, bantuan kursi roda dari UCP Jogja, bantuan RTLH tahun 2010 serta bantuan lain dari relawan atau komunitas sosial.

Bupati juga berharap kepada lingkungan sekitar untuk saling menjaga dan berbagi bila ada warga yang mengalami kekurangan. Juga agar segera menginformasikan ke RT maupun kelurahan untuk segera ditindaklanjuti. (Nas)

Tinggalkan Balasan