Satpol PP Damkar Gelar Simulasi, Begini Cara Memadamkan Api di Saat Darurat

PURWOREJO, Satuan Polisi Pamung Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP Damkar) Kabupaten Purworejo menggelar simulasi pemadaman kebakaran, di halaman kantor Kejaksaan Negeri, Jumat (30/9). Simulasi dihadiri oleh Kepala Satpol PP Damkar Kabupaten Purworejo Haryono, S.Sos, MM, Kepala Kejaksaan Negeri Purworejo Eddy Sumarman, SH, MH.

Haryono menjelaskan, tujuan simulasi kebakaran adalah melakukan upaya sinergisitas dengan semua stakeholder dalam rangka mencegah terjadinya kebakaran. Karena kebakaran dapat berdampak pada bertambahknya angka pengangguran, kemiskinan dan hilangnya surat penting ataupun dokumen yang bersifat rahasia.

“Jika terjadi kebakaran jangan panik dan segeralah mencari jalur evakuasi atau gunakan tangga dan jangan memakai lift karena akan jauh lebih berisiko jika terjadi kebakaran,” pesan Haryono.

Dijelaskan, kerjasama dalam menangani, meminimalisir risiko dan memadamkan kebakaran, selaras dengan visi misi Bupati Purworejo yaitu Purworejo Berdaya Saing.

Petugas memperagakan penggunaan APAR

Sementara itu petugas Damkar, Agus Suparyanta menjelaskan, cara dan alat untuk memadamkan titik api kebakaran di saat keadaan darurat yaitu dengan menggunakan kain basah dan APAR (alat pemadam api ringan-red).

“Jika menggunakan kain basah, lebarkan kain basah agar nantinya bisa menutupi seluruh titik api. Perhatikan arah angin dan jangan melawan arah angin. Perlahan-lahan tutup titik api menggunakan kain dan tunggu hingga apinya padam. Saat api sudah padam angkat kain dan melangkah kebelakang dengan cepat,” paparnya.

Selain itu Agus juga menjelaskan cara penggunaan APAR. Yakni pastikan dari fisik dan nanometernya masih mempunyai tekanan yang melebihi batas tekanan tabungnya. Adapun tekanan yang disarankan yaitu 14 sampai 28 bar. 

“Pegang APARnya, kemudian tarik pin pengamannya dan tes apakah APAR masih. Jika keluar bubuk putih maka APAR masih berfungsi,” tandasnya.

Selanjutnya, ambil jarak dua meter dari titik api lalu tembakkan ke sekitaran titik api dengan gerakan menyapu ke kanan dan ke kriri. Kemudian cara memdamkan api yang bersumber dari selang gas elpiji yang bocor adalah dengan menutup lubang selang gas yang bocor dengan ibu jari sehingga menutup aliran gas dan api tidak bisa hidup. (Nas )

Tinggalkan Komentar