Sambut Kurikulum Merdeka, SMK PN dan PN 2 Purworejo Gelar Workshop Penguatan GSM

PURWOREJO, SMK Pembaharan dan SMK PN 2 Prworejo menggelar Workshop Penguatan Ekosistem Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM). Kegiatan diadakan selama dua hari yakni Selasa dan Rabu (21-22/6) dari pagi hingga sore hari.

Di hari pertama workshop diikuti oleh semua guru, karyawan hingga jajaran pengurus Yayasan Pembaharuan dengan mematuhi prokes. Sedangkan hari kedua dikhususkan bagi guru SMK PN/PN 2 Purworejo.

Pembina Yayasan Pembaharuan Drs. Arie Edy Prasetyo, MBA hadir saat acara pembukaan. Adapun pemateri disampaikan oleh koordinator GSM SMK  Mohamad Kurniawan, ST.

Disebutkan, GSM merupakan gerakan perubahan dari akar rumput yang melibatkan guru dan masyarakat untuk melakukan transformasi terhadap sekolah. Tujuannya  agar sekolah menjadi tempat yang dirindu siswa, sehingga leluasa dalam mengembangkan bakat, passion, penalaran dan talenta terbaik mereka.

Peserta workshop dibagi berkelompok

Menurut Kurniawan, GSM mempromosikan dan membangun kesadaran kepala sekolah, guru-guru, dan pemangku kebijakan pendidikan untuk membangun sekolah sebagai tempat yang menyenangkan. Baik untuk belajar ilmu pengetahuan, dan bekal keterampilan hidup agar anak-anak berjiwa mandiri serta adaptif dalam menghadapi perubahan.

Dirinya pun mengajak kepada para menciptakan sekolah sebagai ekosistem yang menyenangkan. Guru pun dituntut lebih kreatif, mampu menjadi fasilitator, coach dan motivator bagi  peserta didik dalam menggali potensinya.

Di hari kedua workshop guru mengikuti kegiatan bermain game sebagai bentuk metode belajar menyenangkan. Peserta dibagi menjadi delapan kelompok agara mereka bisa saling  membantu, bekerjasama, serta memecahkan beberapa teka-teki yang di berikan.

Hal itu penting agar guru semakin dekat antar satu sama lain. Di akhir sesi mereka diminta membuat penugasan yakni Project Based Learning bagi peserta didik  yang dikaitkan dengan Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Pemateri bersama kepala sekolah dan ketua yayasan Pembaharuan

Untuk lebih memotivasi peserta, dihadirkan pula Kepala SMK 1 Tembarak Temanggung, Fahmi, S.TP, M.Pd. yang telah berhasil menciptakan ekosistem menyenangkan di sekolahnya.

Kepala SMK PN Sugiri, S.Pd, M.Pd berharap agar guru dapat mempraktekkan prinsip- prinsip sekolah menyenangkan. Caranya dengan memberikan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan memerdekakan bagi murid-muridnya melalui metode yang  sesuai .

Adapun Kepala SMK PN 2 Rakhmi Widayati, S.Sos memberikan apresiasi kepada para guru yang dengan semangat tinggi telah mengikuti kegiatan workshop.

Ia berharap kegiatan tersebut akan menginspirasi guru menjadi lebih kolaboratif, inklusif, dan menarik. Hal itu akan mendorong kemampuan diri siswa sehingga mampu menciptakan suasana belajar menyenangkan. (Dia)

Tinggalkan Komentar