SAI Tanam Ratusan Anggrek di Kawasan Pendopo dan Kantor Setda Purworejo

PURWOREJO, Puluhan pecinta tanaman anggrek yang tergabung dalam Sahabat Anggrek Indonesia (SAI) Purworejo beramai-ramai melakukan penanaman anggrek di seputar komplek pendopo kabupaten dan kantor Setda Purworejo, Minggu (21/2). Selain anggota SAI, kegiatan itu juga diikuti oleh kepala sekolah dan siswa SMPN 2 yang merupakan sekolah Adi Wiyata.

Ratusan anggrek Hybrid maupun spesies asli Purworejo yang merupakan sumbangan anggota SAI, ditanam bersama-sama menggunakan sabut kelapa, media MOS dan kayu kopi yang sudah disediakan secara khusus.

Pembina SAI Purworejo Herwan didampingi ketua Anik Retno dan Sekretaris Sugeng Ryanto (Owner Oemah Kembang) kepada Purworejonews mengungkapkan, penanaman anggrek dilakukan selain di lingkungan kantor pemerintahan juga akan dilakukan di tempat rekreasi seperti Heroes Park dan taman kota lainnya.

Pengurus (kanan) dan Sekretaris SAI tanam anggrek bersama

“Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memperkenalkan tanaman anggrek terutama anggrek lokal supaya tidak punah. Selain itu juga sebagai upaya meningkatkan keindahan kota Purworejo seiring dengan dampak pembangunan bandara YIA. Untuk itu kita harus bangkit dan turut berperan,” kata Herwan.

Setelah ditanami anggrek, lingkungan taman di pendopo dan Setda memang terlihat lebih cantik dan asri dari sebelumnya. Beberapa pohon yang semula gersang kini telah ditanami anggrek menggunakan sabut kelapa.

Herwan menyebut, SAI beranggotakan ratusan orang penyuka tanaman anggrek. Mereka berasal dari berbagai profesi dan usia. Saat ini menurut Herwan, anggotanya mencapai lebih dari 300 orang dari seluruh Indonesia. “Purworejo merupakan pelopor SAI dengan anggota mencapai 65 orang,” lanjutnya.

Melalui grup WhatsApps, komunitas yang dibentuk sejak tahun 2020 itu telah melakukan kegiatan kopdar (temu darat) beberapa kali. “Tapi karena pandemi, kegiatan sempat terhenti, dan baru mulai kembali di bulan Februari ini,” pungkas Herwan. (Dia)

 333 kali dilihat,  3 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *