Saba Desa ke Ngombol, Bupati Terima Banyak Keluhan Warga

NGOMBOL, Para petani di sejumlah desa di Kecamatan Ngombol mengeluhkan tanaman padinya ambruk akibat cuaca buruk yang terjadi akhir-akhir ini. Akibatnya petani tidak dapat panen, bahkan harus menanam lagi.

Keluhan tersebut disampaikan kepada Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM, Jumat (17/6), saat mengunjungi desa-desa di Kecamatan Ngombol dalam kegiatan Bupati Saba Desa.

Bupati juga menerima laporan warga tentang Sungai Lereng yang kini jadi penyebab banjir karena erosi yang berkepanjangan

“Pak mohon agar dilakukan penanganan Sungai Lereng di Desa Kaliwungu Kidul. Ada satu titik dimana karena erosi sehingga fungsinya sebagai sungai sudah berkurang bahkan menimbulkan bencana banjir,” ungkap warga.

Bupati mendengarkan keluhan warga yang ditemui

Menanggapi keluhan warga, Bupati Agus Bastian langsung meninjau lokasi sungai yang dimaksud. Bupati pun meminta agar Dinas PUPR segera melakukan identifikasi dan kajian untuk selanjutnya berkoordinasi dengan pihak terkait agar dilakukan penanganan secara cepat dan tepat. 

Bupati juga menghimbau agar para petani mendaftarkan diri sebagai peserta Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) untuk mengantisipasi agar petani tidak terlalu merugi jika terjadi bencana. 

Dalam kesempatan itu Bupati menyerahkan bantuan BLT DD di beberapa lokasi yang ia datangi. Sedangkan untuk bantuan dari BAZNAS diserahkan secara simbolis di Desa Wasiat.

Dalam Bupati Saba Desa kali ini Bupati mengunjungi Desa Ringgit, Kaliwungu Kidul, Wasiat, Joso dan Desa Ngombol didampingi sejumlah Kepala Perangkat Daerah terkait. (Nas)

Tinggalkan Komentar