Rutan dan Kodim Jalin Kerjasama Bina 20 Tahanan

PURWOREJO, Sebanyak 20 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Kelas II B Kabupaten Purworejo mengikuti program pembinaan yang djadakan di Kodim 0708 Purworejo, Rabu (10/3). Para WBP bersama anggotanya Kodim 0708 mengadakan kerja bakti bersama. Ka Rutan Muchamad Muchaffi turut mendampingi para WBP.

Ke- 20 napi tersebut sudah memenuhi syarat setelah melalui tahap administrasi dan disidang TTP. Mereka juga sudah diliitmas sehingga tidak ada yang melanggar secara atministrasi. Kedatangan mereka di sambut oleh Dandim 0708 Purworejo Letkol Inf. Lukman Hakim, S.Sos., M.Si dalam apel pagi.

Dandim menuturkan, kegiatan tersebut merupakan wujud kebersamaan dan sinergitas antara Kodim dan Rutan untuk pembinaan terhadap narapidana. Wujudnya berupa kegiatan kerja bakti bersama. Menurutnya, para WBP merupakan bagian dari Kodim yang menjelang bebas untuk bermasyarakat di lingkungan militer.

“Para narapidana adalah pemuda harapan bangsa, tinggal bagaimana kita sebagai aparat dan pemerintah memperlakukan mereka untuk meraih masa depan yang gemilang,” jelas Dandim.

Kerja bakti warga binaan rutan dan anggota Kodim 0708

Dirinya berpesan kepada para narapidana untuk tetap semangat serta jangan merasa rendah diri atau dikucilkan. “Kami akan bersama sama mengawal dan mengarahkan sehingga diharapkan kegiatan seperti ini akan terus berkesinambungan,” imbuh Dandim.

Adapun Karutan Muchamad Muchaffi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud sinergi antara aparat penegak hukum dan masyarakat sekitar. Tujuannya, agar semua paham bahwa tidak semua mantan narapidana itu tidak baik.

“Kami buktikan, dengan kerja bakti ini mereka bisa tertib dan kompak untuk bekerja. Jadi jangan menganggap remeh warga binaan yang nanti akan keluar dan akan kembali ke masyarakat,” pungkasnya. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *