Road Map UMKM, Perlukah

Oleh: Budi Wasono

PENGEMBANGAN sektor UMKM sebagai salah satu lokomotif perekonomian di Purworejo sudah tepat. Namun untuk mewujudkannya perlu disusun sebuah road map yang komprehensif dan terukur.

Mulai identifikasi siapa saja yang perlu berperan aktif dalam upaya pengembangan umkm ini, langkah konkret apa yang semestinya dilakukan masing masing pihak yang terlibat serta kordinasi satu sama lain.

Pengembangan sektor umkm ini, perlu dibarengi dengan membangun kesadaran bersama warga masyarakat untuk mau menyerap produk umkm secara maksimal. Gerakan masyarakat untuk cinta produk umkm perlu digalakan agar terbangun atmosfer yang kondusif untuk menyerap produk umkm yang ada.

Tentu dari sisi umkm sendiri perlu sebuah langkah yang strategis dan cerdas guna memperluas pasar atas produk yang mereka hasilkan. Kualitas produk, branding, pemasaran adalah hal hal yang perlu terus diperkuat dan dibangun.

Para pelaku umkm harus mampu menampilkan dan mengangkat keunggulan dan kelebihan produknya. Sehingga diharapkan upaya branding atas produk yang dihasilkan akan lebih kuat sebagai awal untuk langkah pemasaran lebih lanjut.

Pihak pemerintah daerah melalui dinas terkait perlu terus melaksanakan pendampingan dan bimbingan kepada pelaku UMKM agar bisa dihasilkan produk yang berkualitas disertai branding yang kuat.

Budi Wasono

Dengan berbagai infrastruktur dan jaringan yang ada pihak pemda harus secara aktif membuat terobosan bagaimana memasarkan produk umkm ini agar mampu masuk ke pasar yang lebih luas.

Pihak pemda perlu mengidentifikasi produk unggulan umkm dan terus melakukan pembinaan kepada para pelaku umkm dalam pengembangan produk maupun proses produksinya. Disamping itu pihak pemda perlu memfasilitasi menggelar event event sebagai akses menjangkau pasar yang lebih luas.

Hal yang perlu dilakukan saat ini adalah melibatkan berbagai komunitas warga Purworejo yang ada di rantau. Banyak sekali di luar sana berbagai komunitas yang berkembang. Dari Pakuwojo, CPP, ada juga Purworejo Diaspora dan komunitas yang lain, termasuk ikatan alumni sekolah.

Kelompok atau komunitas semacam ini adalah potensi yang perlu dilibatkan dalam upaya membangun umkm Purworejo. Mereka selain merupakan pasar potensial bisa diajak untuk terlibat dalam membangun umkm Purworejo misalnya membantu dari sisi pemasaran.

Era digital saat ini membuka peluang lebih luas pihak umkm untuk lebih kreatif dalam berinovasi, pelatihan dan peningkatan kemampuan digitilasi menjadi sesuatu yang tak bisa dihindari.

Tentu poin-poin seperti tertulis di muka perlu ada koordinasi yang baik. Sinergi dan kolaborasi semua pihak perlu dilakukan. Mungkin itu masih impian, tapi banyak keberhasilan kadang dimulai dari sebuah impian. (**)

Penulis adalah alumni SMAN 1 Purworejo, pengamat UMKM

Tinggalkan Komentar