Ribuan Warga Muhammadiyah Purworejo Hadiri Pengajian Akbar di SDKUB

PURWOREJO,  Dalam rangka menyemarakkan Gebyar Muktamar Muhammadiyah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Purworejo mengadakan pengajian akbar di Komplek SD Kepemimpinan Umat dan Bangsa (KUB) Muhammadiyah Purworejo, Sabtu (27/8).

Acara yang dibalut dengan momentum Hari ber-Muhammadiyah itu dihadiri seluruh pengurus PDM Purworejo, Kabag Kesra H. Fathurrahman, forkopimda, serta perwakilan majelis dan lembaga Muhammadiyah dan `Aiysiyah, termasuk Angkatan Muda Muhammadiyah.

Ketua PDM Purworejo Drs. H. Pujiono  menekankan, pengajian akbar diadakan untuk meningkatkan ghiroh dakwah semua jamaah agar selalu berbuat baik dan berfastabiqulkhoiroot di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Muktamar Muhammadiyah `Aisyiyah ke-48  direncanakan diadakan pada 18-20 November di Surakarta. Maka, Gebyar Muktamar Muhammadiyah ke-48 di Kabupaten Purworejo diadakan berbagai macam agenda sebagai syiar pada masyarakat,” kata Pujiono.

Ribuan warga Muhammadiyah Purworejo antusias ikuti pengajian

Selain pengajian akbar ini, lanjut Pujiono, juga diadakan jalan sehat tanggal 11 September yang akan serentak dilaksanakan di seluruh daerah se-Jawa Tengah. Juga ada Dikdasmen Award berupa penghargaan kepala sekolah Muhammadiyah berprestasi, serta pemutaran film sejarah perjuangan Muhammadiyah.

Pujiono melanjutkan, pengajian akbar juga sekaligus ajang penggalangan donasi shodaqoh jariyah untuk pembangunan gedung SDKUB Muhammadiyah Purworejo yang belum selesai pembangunannya.

Selain pengajian akbar, acara di SDKUB juga dimeriahkan penampilan karawitan dari panti asuhan Muhammadiyah Purworejo, senam dan menyanyi TK, KB,  dan TPA. Juga lomba Da’i Cilik SD Muhammadiyah 01, Tari Dholalak SLB Muhammadiyah, Tari Rampak SDKUB,  dan akustik Mars Muktamar Muhammadiyah SMA Muhammadiyah.

Acara pengajian juga dirangkai dengan pelantikan Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Kabupaten Purworejo oleh Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PW IPM) Jawa Tengah.

Ketua PDM H. Pujiono menyerahkan penghargaan

Juga diserahkan penghargaan bagi kepala sekolah Muhammadiyah berprestasi dari tingkat SD/MI,  SMP, dan SMA/K oleh Majelis Dikdasmen PDM Purworejo.

Diserahkan pula pentasyarufan Peduli Guru hasil kerjasama antara LazisMu Purworejo – Baznas Purworejo kepada guru yang telah ditetapkan dan juga pentasyarufan Beasiswa Mentari pada siswa siswi SD KUB Muhammadiyah Purworejo.

Adapun pengajian akbar diisi H. Fahrudin, S.Ag. yang mengingatkan jamaah untuk memperhatikan hal-hal kecil berkaitan dengan keimanan dan perwujudannya dalam bentuk akhlak. 

“Dalam kitab Ihya Ulumuddin, pengertian akhlak adalah sesuatu yang menetap dalam jiwa tanpa memerlukan pemikiran terlebih dahulu. Akhlak bukanlah perbuatan, kekuatan, dan ma’rifah,” ucap Fahrudin.

Dirinya berharap agar semua kebiasaan yang dilakukan sesuai dengan Al Quran dan Sunnah.  Warga Muhammadiyah harus mampu melaksanakannya dalam setiap amal dan aktivitasnya dimulai dari hal terkecil sekalipun. (Dia)

Tinggalkan Komentar