Ribuan Ummat Islam Purworejo Laksanakan Shalat Idul Adha di Sejumlah Lokasi

PURWOREJO, Hari ini Sabtu (9/7) keluarga besar Muhammadiyah Purworejo menggelar shalat Idul Adha di sejumlah lokasi. Pelaksanaan shalat idul adha di Alun-alun Purworejo dihadiri oleh ribuan ummat Islam. Bertindak sebagai imam sekaligus khatib H Dandung Danadi.

Dalam khotbahnya Dandung Danadi mengajak ummat Islam untuk meneladani keluarga Nabi Ibrahim AS yang rela mengorbankan cintanya kepada anaknya demi kecintaannya kepada Allah SWT. Baik Ibrahim maupun istrinya Siti Hajar serta Ismail, mereka ikhlas menerima perintah Allah SWT.

Episode penyembelihan Ismail memberkan sedikitnya tiga keteladanan, yaitu tentang cinta, pengorbanan dan pendidikan. Betapa cintanya Nabi Ibrahim kepada putranya Ismail yang kehadirannya ditunggu berpuluh-puluh tahun. Tapi demi cintanya kepada Allah SWT, Ibrahim ikhlas mengorbankan anaknya.

Pelajaran kedua yang bisa dipetik yaitu pengorbanan dan ketiga keberhasilan Ibrahim mendidik Ismail menjadi anak yang taat terhadap perintah Allah.

Ratusan jamaah shalat Idul Adha padati halaman GOR Sarwo Edhi Wibowo

Sementara utu sholat idul adha di GOR Sarwo Edhi Wibowo dihadiri ratusan warga Muhammadiyah khususnya yang berada di seputar kecamatan Banyuurip dan sekitarnya. Bertindak sebagai imam dan khotib yaitu Musa Alfithri.

Panitia mengucapkan terima kasih kepada Pemda yang telah memfasilitasi tempat serta kepada Polres yang turut menjaga kelancaran dan ketertiban jalannya sholat Id.

Dalam khotbahnya, Musa Alfithri menguraikan, sebelum datangnya Islam kaum jahiliyah mengenal dua hari raya yakni Nairuz dan Mahrojan yang merupakan masa kelam. Setelah datangnya Islam Allah menggantinya dengan hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Disebutkan, di bulan Dzulhijah atau saat Idul Adha umat Islam mendapat dua anugerah yakni berhaji dan berqurban.

Pelaksanaan shalat idul adha di lapangan SDKUB Muhammadiyah Purworejo

Hakikat berqurban yakni mendekat, memghilangkan rasa cinta dunia menjadi cinta akhirat, mengubah nafsu hewani menjadi nafsu muthmainah atau ketakwaan. 

Sesuai perintah Allah, dirikanlah shalat untuk rabbmu dan  berqurbanlah. Maka bila ada yg bequrban tapi belum shalat lima waktu maka doakan supaya bisa shalat .

Sholat Idul Adha pada juga dilaksanakan di Lapangan SDKUB Muhammadiyah Purworejo. Imam sekaligus khatib yakni Ust. H Ahmad Ari Fahruddin, Lc. Dalam lhotbahnya, khatib menguraikan inti dari Khutbah Arafah Rasulullah SAW.

Selain melaksanakan sholat Idul Adha bersama, penyelenggara juga akan melaksanakan pemotongan hewan qurban, yakni seekor sapi dan seekor kambing.

Sholat Id yang diikuti kurang lebih 200 jamaah tersebut  berlangsung dengan khidmat. (Nas/Dia/Ita)

Tinggalkan Komentar