Ribuan Peserta Mancing Bersama Bupati Jejali Tepi Sungai Selis Banyuurip, Perebutkan 1 Ton Lele

BANYUURIP, Ribuan pemancing yang datang dari penjuru wilayah Purworejo dan sekitarnya memadati tepian Sungai Selis di Kampung Kenteng Desa Kledung Kradenan Kecamatan Banyuurippada Minggu (28/8) pagi. Kedatangan mereka adalah untuk mengikuti lomba mancing bareng Bupati Purworejo yang diadakan Karang Taruna Berdikari Kledung Kradenan.

Tak hanya dari Purworejo, mereka juga datang dari luar kota seperti Magelang, Yogya, Banjarnegara, dan bahkan Surabaya. Hal tersebut disampaikan oleh ketua panitia Idi Cahyono. Dijelaskannya, panitia melepas satu ton lele yang mayoritas berukuran jumbo di aliran sungai sepanjang 1 Km.

“Ada sebanyak 200 lele yang diberi tanda pita biru, bernilai masing-masing Rp 50 ribu. Jadi total hadiahnya Rp 10 juta,” jelas Idi. Menurutnya ada sembilan ribu peserta yang berpartisipasi dalam lomba mancing gratis kali ini.

Dari jumlah tersebut, lanjut Idi, lebih dari 1/4-nya tidak tertampung karena lokasinya sudah dipenuhi peserta yang sudah mulai berdatangan sejak pukul 06.00. Padahal acara baru dimulai pada pukul 10.30, yakni saat bupati tiba di lokasi acara.

Mustakim yang beruntung dapat uang ekstra dari bupati

Kriteria lomba, menurut Idi, yakni lele berpita harus makan umpan atau bagian mulut yang terkena kail. Selain itu bagi mereka yang mendapatkan lele tapi tidak memenuhi kriteria, maka boleh dibawa pulang oleh peserta.

“Penukaran lele berpita dilayani hingga pukul 13.00. Setelah itu mancing bebas dan bendung akan dibuka pada pukul 15.00,” imbuh Idi. Adapun Bupati Agus Bastian setiba di lokasi pun langsung ikut mancing bersama ribuan peserta yang sudah menunggu sejak pagi hari.

Tidak berselang lama, Mustakim (50), warga Desa Kedungpucang Kecamatan Bener menjadi yang pertama mendapatkan lele berpita. Dengan umpan jangkrik, dirinya berhasil mendapatkan seekor lele dari kail pancingnya.

Bupati Agus Bastian, adakan lagi event mancing seperti ini

Selain mendapatkan uang Rp 50 ribu, Mustakim pun beruntung mendapatkan bonus Rp 200 ribu dari bupati yang langsung menyerahkannya. Meski ukuran lele tidak begitu besar, tapi Mustakim senang karena mendapat uang ekstra dari orang nomor satu di Purworejo itu.

Usai mancing dan berdialog serta berjoget ria bersama warga, kepada media bupati menjelaskan bahwa kegiatan yang dirangkai dengan HUT ke-77 RI ini diharapkan dapat menjadi hiburan warga.

Selain banyak peminatnya juga bisa membuat bahagia karena sudah dua tahun lebih tidak melakukan kegiatan semacam ini akibat pandemi Covid-19. “Event ini harus diselenggarakan lagi dalam beberapa bulan mendatang, terutama rangka menyambut HUT ke-192 Purworejo pada bulan Februari mendatang,” pinta bupati. (Dia)

Tinggalkan Komentar