Regu Penggalang Putra dan Putri SMPN 2 Juara I LT III Kwarcab Pramuka Purworejo

PURWOREJO, Regu Penggalang putra dan putri SMPN 2 Purworejo keluar sebagai Juara I Lomba Tingkat III (LT III) Kwarcab Pramuka Purworejo yang digelar di SMAN 1 Purworejo, Jumat-Minggu (22-24/7). Sedang Juara II regu putra dan regu putri SMPN 24, dan juara III putra SMPN 11, putri SMPN 3. 

Sementara untuk juara Harapan I regu putra dan regu putri diraih SMPN 33, Harapan II putra dan putri MTS 3, serta Harapan III putra SMPN 20, Harapan III putri SMPN 21 Purworejo.

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Purworejo Drs Pram Prasetya Achmad, MM mengatakan, kegiatan LT III ini anak-anak diajak untuk memahami makna tujuan pendidikan pramuka. 

Dijelaskan, kegiatan tersebut terdapat lomba penguasaan IT seperti vlog dengan membuat video pendek. Tujuannya mengetahui korelasi Pramuka dengan dirinya sehingga anak-anak bisa memahami bahwa Pramuka pada dasarnya akan membentuk kepribadian handal dengan mengimplementasikan nilai-nilai yang ada di dalam Dasa Dharma. 

Jika dimakrokan, kata Pram, menjadikan mereka memliki kemampuan intelektual yang bagus, karakter, kedisplinan dan berbudaya, sehingga ketika mereka kembali ke Gudep akan menjadi dewan ambalan yang handal.

Waka Binamuda Soekoso Dm, S.Pd berbincang dengan peserta LT III

“Harapannya Purworejo dapat mengulang kesuksesan seperti 5 tahun yang lalu regu putri Purworejo juara 1 Lomba Tingkat V. Kwarda memiliki harapan supaya Kabupaten Purworejo kembali meraih juara I,” ungkapnya.

Sementara itu Waka Binamuda Soekoso Dm, S.Pd menjelaskan, tugas Binamuda yakni membina dari Siaga, Penggalang, Penegak sampai dengan Pandega. Kegiatan LT III merupakan lomba keterampilan, kecerdasan pramuka penggalang. 

Juara I akan mengikuti lomba tingkat kwarda dan juara I kwarda akan maju lomba tingkat nasional atau kwarnas. Kegiatan penggalang ini rata-rata diikuti dari tingkat SLTP. 

Tujuan akhir kegiatan, tidak semata-mata mencari menang kalah, tapi mereka mengikuti proses dari awal sampai akhir. Sehingga diharapkan siapa yang menjadi terbaik itu akan memiliki satu jiwa, semangat sebagai generasi muda Indonesia yang benar-benar berkarakter. 

Ketua panitia Prasetyowati, S.Pd, MPd melaporkan, jumlah peserta sebanyak 12 regu putra dan putri. Juara LT III akan mewakili Kwarcab di tingkat Kwarda Jawa Tengah. Diharapkan meraih prestasi tertinggi dan bisa mengikuti Lomba Tingkat 5 di Kwartir Nasional. (Nas)

Tinggalkan Komentar