Refreshing Usai PAT, Siswa SMK Pembaharuan dan PN 2 Purworejo Ikuti Jalan Sehat

KALIGESING, Jalan Sehat merupakan agenda rutin tahunan SMK PN/PN 2 Purworejo yang sempat terhenti karena pandemi Covid-19. Kegiatan tersebut kembali diadakan pada Sabtu (11/6) usai siswa didera kepenatan dan kejenuhan mengikuti kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Dengan tetap menerapkan prokes, kegiatan diadakan di Kecamatan Kaligesing. Titik kumpul di Desa Kaliharjo dengan rute Kaliharjo – SMP N 24 – Hulosobo – Pertigaan Kuwasen – Curug Siklotok – Pal Pitu – kantor Kecamatan Kaligesing. Pembina yayasan Arie Edi Prasetyo, MBA melepas siswa menuju lokasi.

Seluruh siswa siswi kelas X dan XI serta guru dan karyawan menjadi peserta jalan sehat. Mereka diwajibkan memakai kaos identitas PN, celana pramuka, dan topi hitam identitas.
Peserta pun dihibur pagelaran budaya kuda lumping.

Hiburan kuda lumping bagi peserta jalan sehat

“Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi tontonan dan tuntunan yang baik bagi masyarakat sekitar “ jelas Waka Kesiswaan. Aryo Putro Hadiningtyas, S.Pd.

Adapun Kepala SMK PN Sugiri, S.Pd menuturkan, tema kegiatan yakni “Jlajah Desa Milangkori, Kulak Pawarta Adol Pangrungu“. Dimaksudkan untuk mengajarkan kepada para siswa sebagai calon pemimpin untuk dapat mengenal kehidupan dan memahami kondisi rakyatnya.

Bagi pemimpin, menurut Sugiri, blusukan
tentu sangat penting karena untuk benar-benar mengetahui langsung denyut nadi kehidupan rakyatnya. Tapi hal itu tidak mudah karena dibutuhkan niat dan komitmen serta integritas dari pemimpin sejati.

Sementara Kepala SMK PN 2 Rakhmi Widayati, S.Sos menambahkan, selain sebagai sarana rekreasi, jalan sehat juga diharapkan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat.

Kepala SMK PN 2 Rakhmi Widayati menyerahkan bantuan sembako untuk warga

“Sekolah juga memprogramkan agenda bakti sosial untuk masyarakat Kaligesing yang membutuhkan,” ujar Rakhmi. Ada 30 orang yang menerima bantuan berupa sembako dan sejumlah uang. Mereka berasal dari tiga desa yakni Kaliharjo, Kaligono dan Hulosobo.

Baik Rakhmi dan Sugiri berharap, acara jalan sehat dan bakti sosial dapat digunakan sebagai sarana promosi sekolah di masa Penerimaan Peserta Didik Baru tahun pelajaran 2022/2023.

Pengurus Yayasan Pembaharuan Isman Nugroho mengatakan, “Alasan memilih Kecamatan kaligesing sebagai lokasi kegiatan karena merupakan penyumbang peserta didik terbanyak di SMK PN dan PN 2”.

“Dengan banyaknya siswa kelas IX SMP/MTS yang berada di wilayah Kecamatan Kaligesing, diharapkan dapat melanjutkan sekolah di SMK PN dan PN 2 Purworejo tahun pelajaran 2022/ 2023,” tandasnya.(Dia)

Tinggalkan Komentar