Ratusan Pesepeda dari Berbagai Daerah Ramaikan Lomba BOB Highland XC Challenge

PURWOREJO, Badan Otorita Borobudur (BOB) menyelenggarakan BOB Highland XC Challenge yang diikuti ratusan pesepeda dari berbagai daerah, di DeLoano Glamping, Minggu (4/12). Lomba menempuh jarak 10 Km, dengan start Pasar Digital Menoreh, Desa Banyuasin, dan finis di obyek wisata DeLoano Glamping, Loano.

BOB Highland XC Challenge ini terbagi menjadi 8 kategori yaitu Men Pro, Men Open, Men Youth, Gravel Open, Women Open, Men Master A, Men Master B, King dan Queen Of Mountain. Para peserta memperebutkan total hadiah sebesar Rp 50 juta rupiah.

Selain itu peserta juga disuguhkan rute tanjakan maupun turunan dengan pemandangan eksotis di Kawasan Perbukitan Menoreh. Diantaranya Kebun Teh Nglinggo, Tumpeng Menoreh, Puncak Widosari dan desa wisata sekitar. 

Zaenal Fanani jawara kategori Men Elite

Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Kepariwisataan Badan Otorita Borobudur, Bisma Jatmika mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan dan memajukan sport tourism dan kegiatan semacam ini terbukti efektif mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Pola pariwisata sekarang ini bergeser, adanya pandemi Covid-19 membuat wisatawan lebih memilih sport tourism karena dinilai lebih menyehatkan dan tentu saja menyenangkan,” ujar Bisma Jatmika setelah melepas para pesepeda.

Dijelaskan, peserta BOB Highland XC Challenge terdiri atas atlet sepeda nasional, internasional, para penghobi sepeda gunung, komunitas sepeda, PB ISSI (Pengurus Besar Ikatan Sepeda Sport Indonesia), UCI (United Cycling International). 

Para juara kategori Men Elite

“Peserta di luar ekspektasi kami. Bukan hanya dari Jateng, DIY, Jatim, Jabar. Bahkan ada juga peserta dari Malaysia. Ini bisa jadi angin segar bagi sport tourism kita dan menggeliatkan perekonomian warga sekitar,” ujarnya.

Bisma berharap, even sepeda ini dapat mempromosikan destinasi pariwisata khususnya di kawasan Borobudur Highland yang berada di zona Otoritatif Badan Pelaksana Otorita Borobudur serta memberikan multi player effect yang baik bagi Pengelola homestay/hotel di sekitar kawasan. Dengan begitu, ekonomi warga sekitar ikut menggeliat.

“Peserta terutama dari luar daerah diharapkan memiliki kesan mendalam sehingga kembali datang ke obyek wisata seputar Gelang Projo,” pungkasnya.

Bisma Jatmika (paling kanan)

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kulonprogo, Akhid Nur Hartono menganggap kegiatan seperti ini sangat membantu masyarakat dan dapat meningkatkan sektor perekonomian. 

Menurutnya, pihaknya akan berkolaborasi lebih intens dengan BOB dalam melakukan pertemuan-pertemuan, minimal kegiatan ini menjadi ajang tahunan.

Adapun pemenang BOB Highland XC Challenge sebagai berikut:

Men Elite

Juara 1: Zainal Fanani, Juara 2: Ihza Muhammad, Juara 3: Feri Yudoyono, Juara 4: Elsa Dwi Hartanto, Juara 5: Naufal Ghani.

Gravel Open

Juara 1: Benu Hernowo, Juara 2: Yanuar Brindll, Juara 3: Mohammad Azuri, Juara 4: Sigit Noviansyah, Juara 5: Aziz Risdian.

Men Master B

Juara 1: Andi Joe, Juara 2 : Benny Setya N, Juara 3: Izwan MD. Sumairi, Juara 4: Gandul, Juara 5: M. Zuhdi Malik.

Men Youth 

Juara 1: Dimas Nur Fadhil, Juara 2: Andra Rizki P, Juara 3: Mooammar Kahadafi, Juara 4: Arfan Hernanda Saputra, Juara 5: Rexi Achira Kenan.

Women Open

Juara 1: Pegi Maulidia, Juara 2: Maria Dea Wrestiningtyas, Juara 3: Sahista Mutiara, Juara 4: Nursyaningsih, Juara 5: Intan Tyasningrum.

Men Open

Juara 1: Miftahul Huda, Juara 2: Raffi Brilianto, Juara 3: Tigor Norotama, Juara 4: Ahmad Fikri Saputra.

Men Master A

Juara 1: Raden Arif Sigit Sulistyo, Juara 2: Moammar, Juara 3: Apriyono, Juara 4: Tri Wahyu Hidayat, Juara 5: M. Uki Kurniawan. (Saiful)

Tinggalkan Komentar