Purworejo Raih Penghargaan APE Kategori Utama, Bupati: Ke Depan Kita Raih Kategori Tertinggi

PURWOREJO, Kabupaten Purworejo kembali meraih prestasi membanggakan di tingkat nasional, yaitu penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 Kategori Utama. Penghargaan diterima oleh Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM pada acara penyerahan yang dilakukan secara virtual, Rabu (13/10).

Purworejo menjadi satu dari 266 pemerintah kabupaten/kota yang menerima penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) ini.

Penghargaan APE dibagi dalam empat kategori, yakni Pratama, Madya, Utama, dan kategori Mentor.

Bupati Purworejo Agus Bastian, SE, MM mengatakan, pihaknya akan terus berupaya agar pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dapat terus diterapkan dengan baik. Dengan harapan ke depan dapat lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Purworejo.

Penyerahan penghargaan secara daring

“Kita akan terus berupaya sebaik mungkin. Insyaallah di masa yang akan datang kita akan meraih penghargaan dengan kategori tertinggi yakni kategori mentor,” ujarnya.

Menteri PPPA Titi Eko Rahayu mengungkapkan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi bagi kementerian/lembaga, serta pemda yang dianggap berhasil dalam mengimplementasikan Pengarusutamaan Gender (PUG) di dalam program dan kegiatannya.

Dikatakan, dalam mengevaluasi hasil pembangunan yang berprespektif gender digunakan beberapa indikator. Diantaranya Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan Indeks Pemberdayaan Gender (IDG) sebagai indikator dampak. 

Sambutan Menteri PPPA Titi Eko Rahayu

“Pemantauan terhadap pelaksanaan strategi PUG juga dilakukan dengan menggunakan indikator-indikator yang dapat mengukur pelaksanaan PUG serta dengan melihat aspek kelembagaan dan implementasi dari tujuh prasyarat PUG,” terangnya.

Menurutnya, upaya-upaya menuju kesetaraam gender adalah strategi yang seharusnya melandasi pembangunan di negeri ini, dengan memberdayakan semua masyarakat baik perempuan maupun laki-laki. Sehingga dapat keluar dari kemiskinan dan meningkatkan taraf hidup yang berujung pada peningkatan perekonomian sebuah negara.

“APE merupakan ukuran untuk melihat kemajuan pembangunan yang berorientasi pada pembangunan berkeadilan gender, sekaligus melakukan gambaran implementasi terhadap upaya-upaya yang telah dilakukan atas usaha-usaha pelaksanaan PUG,” imbuhnya. (Nas)

 235 kali dilihat,  10 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *