Punya Perpustakaan Digital, SMPN 31 Purworejo Diekreditasi Perpusnas

PURWOREJO, SMPN 31 menjadi salah satu dari 10 sekolah yang diajukan oleh Perpustakaan Daerah Purworejo untuk mendapatkan akreditasi dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI pada Rabu (18/1).

Kepala SMPN 31 Wahyu Kurnia Lestari, M.Pd saat ditemui Purworejo News menjelaskan, semula ada 12 sekolah yang akan mengikuti proses akreditasi hingga akhirnya terpilih menjadi 10.

Sebagai sekolah yang sudah memiliki perpustakaan digital sejak tahun 2022, menurut Wahyu, SMPN 31 berupaya meningkatkan standar kelulusan siswa yang memiliki kompetensi literasi dan numerasi.

Wahyu Kurnia Lestari: salam literasi

Perpustakaan, menurut Wahyu, mendukung kompetensi tersebut. “Dengan banyaknya siswa yang membaca di perpustakaan maka akan meningkatkan numerasi dan literasi,” imbuhnya.

Hal tersebut penting, menurut Wahyu, yakni agar mereka terbiasa mengingat asesmen nasional yang merupakan pengganti ujian nasional salah satu poinnya dilihat dari kemampuan literasi anak-anak.

“Bila kemampuan literasi tinggi akan bisa meningkatkan kompetensi anak-anak mengerjakan asesmen,” tegas Wahyu. Dirinya lun berharap agar hasil akreditasi bagus serta nantinya ada pembimbingan lagi dari pihak terkait untuk meningkatkan kualitas perpustakaan.

Saat ini Perpustakaan SMPN 31 memiliki koleksi buku sekitar 1.500, dengan jumlah terbanyak beeupa buku pelajaran dan non fiksi. “Kami sedang mengupayakan penambahan buku fiksi agar anak-anak lebih senang,” pungkas Wahyu. (Dia)

Tinggalkan Komentar