Puluhan Siswa MI Imam Puro Kemiri “Gerudug” Gedung Setda

PURWOREJO, Puluhan siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Imam Puro Kemiri mendatangi Kantor Bupati Purworejo, dan Sekretariat Daerah (Setda), dan juga gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purworejo, Selasa (27/8). Mereka ramai-ramai melihat hampir semua ruangan dan berswafoto dengan riang gembira.
Saat berkunjung di Gedung Setda, rombongan yang dipimpin Kepala MI Imam Puro Kemiri Muhammad Anarrofiq, diterima oleh Kabag Umum Drs Edy Novianto yang diwakili Kasubag Umum Nurlela, SE.

Dalam penuturannya Muhammad Anarrofiq menjelaskan, kegiatan mendatangi secara langsung di lembaga-lembaga penting di Kabupaten Purworejo ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada siswa tidak hanya teori di dalam kelas namun juga dilakukan study lapangan.

Termasuk untuk mengenalkan sistem pemerintahan di Kabupaten Purworejo dan tugas Bupati, tugas anggota DPRD, dan aparatur Setda. Dengan study lapangan, para siswa akan lebih cepat paham, tidak sekedar membayangkan.

“Juga sebagai salah satu kegiatan pembelajaran di luar kelas dan studi lapangan agar anak belajar secara kontekstual. Termasuk untuk menunjang pelajaran PKN dan IPS. Meski sekolah MI berada jauh dari kota kabupaten, namun siswa harus paham di mana kantor Bupati dan kantor Dewan,” ujarnya.

Dikatakan, siswa yang ikut study lapangan sebanyak 116 anak dari kelas 3 sampai dengan kelas 6. Nantinya masing-masing anak membuat laporan untuk melatih kemampuan siswa dalam menyerap kegiatan study lapangan.

“Bahkan banyak anak yang baru pertama kali menggunakan lift untuk menuju ke gedung lantai 2 dan lantai 3. Ini menjadi pengalaman bagi anak-anak, supaya tidak ketinggalan tentang kemajuan fasilitas yang ada di kantor pemerintahan Kabupaten Purworejo,” kata Muhammad Anarrofiq.
Disamping itu juga melakukan study di Pendopo Kabupaten Purworejo dan berlanjut menuju Museum Tosan Aji. Pendopo memiliki sejarah termasuk bangunannya yang masuk dalam cagar budaya.
Sementara itu Nurlela mengatakan, kunjungan siswa sekolah di Setda bisa dilayani sesuai jam kerja. Apalagi ini kepentingan study lapangan yang tentu harus didukung. Terkait data secara umum, juga disiapkan untuk kebutuhan pembuatan laporan siswa. (A)

Tinggalkan Komentar