Program “Kotaku”, 60 Bangunan Kumuh di Kutoarjo Akan Ditata Ulang

PURWOREJO, Penataan kawasan kumuh di Kecamatan Kutoarjo segera direalisasikan. Proses lelang akan mulai dilakukan pada bulan Februari sampai Maret mendatang. Ada 60 unit bangunan meliputi tempat usaha, rumah hunian, dan bangunan di luar rumah yang nantinya akan terdampak dari program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) tahap I.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kabupaten Purworejo Drs Hery Rahardjo, M.Si, Rabu (27/1), di ruang kerjanya.

Hery yang didampingi Kabid Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman, Indah Herlawati, ST, MM, merinci, ke-60 unit itu terbagi dalam tiga segmen.

Yakni segmen tempat usaha ada 22 unit, segmen rumah hunian ada sembilan unit, dan segmen bangunan di luar utama rumah seperti teras atau cakrukan sebanyak 29 unit.

“Ke-60 unit itu masuk dalam indikator kumuh dengan tujuh kriteria yakni drainase, jalan, keteraturan bangunan, air bersih, sanitasi, proteksi kebakaran, dan pengolahan sampah,” ucap Hery.

Kawasan kumuh yang akan ditata

Dijelaskan, untuk tempat usaha nantinya mereka akan direlokasi ke taman kuliner yang dibangun di atas lahan milik Pemda. Adapun yang rumahnya tergusur sementara akan dipindahkan ke Rusunawa yang ada di Desa Bayem Kecamatan Kutoarjo.

Penataan kawasan kumuh itu, lanjut Hery, meliputi area di sepanjang Kampung Tegal Gang Merpati Kelurahan Kutoarjo dan kawasan Kelurahan Semawung Daleman. Menurut Hery, nantinya akan ada pedestrian selebar 2,4 meter di sepanjang jalan yang berada di atas drainase.

Program Kotaku akan dibiayai dengan dana APBN sebesar Rp 15 miliar dan didukung dana APBD kabupaten sebesar Rp 1, 3 miliar. Anggaran sebesar itu paling banyak digunakan untuk pembangunan drainase sepanjang 800 meter.

“Drainase itu selain sebagai saluran air juga berfungsi untuk penangkal banjir. Dengan adanya program ini nantinya tidak akan ada lagi gang sempit dan kumuh di sepanjang jalan yang direlokasi,” pungkas Hery. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *