“Polda Jateng Mageri Segoro”, Polres Purworejo Tanam Ribuan Mangrove di Obwis Demanggedi

PURWOREJO, Sebagai wujud kepedulian Polri dalam penghijauan pantai dan penguatan ekonomi masyarakat pesisir, Polres Purworejo melakukan penanaman ribuan pohon mangrove di obwis Demanggedi, Kecamatan Purwodadi, Selasa (12/10). Kegiatan itu merupakan bagian dari program Polda Jawa Tengah Mageri Segoro.

Polres Purworejo melalui Wakapolres Kompol Asep Supiyanto, S. Sos, MH mengatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan secara serentak di 16 polres jajaran Polda Jawa Tengah yang memiliki daerah pantai.

“Kawasan mangrove di wilayah pesisir selatan Purworejo membentang sepanjang 13 Km. Yakni dari perbatasan provinsi DIY sampai Desa Keburuhan di Kecamatan Ngombol,” kata Kapolres.

Ditambahkan, dalam beberapa tahun kawasan tersebut telah mengalami pengurangan. Hal itu karena alih fungsinya menjadi area tambak ikan dan udang, pemukiman, serta lahan pertanian.

Penanaman bibit mangrove oleh jajaran Forkopimda

“Program Polda Jateng Mageri Segoro adalah untuk mendukung program pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid -19. Yakni melalui rehabilitasi hutan mangrove yang sudang dicanangkan Presiden Joko Widodo di beberapa wilayah pesisir,” katanya.

Penanaman mangrove bertujuan untuk memelihara ekologi dan melindungi sistem penyangga kehidupan. Juga pemanfaatan sumberdaya lestari laut dan ekosistemnya serta sarana dan prasarana wisata alam.

Selain itu program tersebut bertujuan sebagai tindakan preventif dan preemtif untuk menjaga kelestarian sumber daya perairan laut.

Kegiatan akan dilakukan secara bertahap sampai akhir Desember dengan target penanaman 1 juta pohon mangrove di pesisir pantai utara dan pantai selatan Provinsi Jawa Tengah. (Dia)

 215 kali dilihat,  6 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *