PKM UMP Gelar Pelatihan Manajemen Usaha bagi Pengrajin Gula Aren Si Manis

PURWOREJO, Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Universitas Muhammadiyah Purworejo menggelar pelatihan manajemen usaha untuk para pengarajin gula aren UMKM Si Manis di Dusun Kalibang, Desa Kaliwungu, Kecamatan Bruno, Kamis (24/7). Pelatihan guna meningkatkan pengetahuan dan motivasi berwirausaha serta kemampuan pembukuan usaha para anggota tersebut diikuti 8 orang anggota UMKM.

Ketua Tim Pengabdian Wharyanti Ika Purwaningsih, M.Pd mengatakan, kegiatan pelatihan ini dilaksanakan berdasarkan analisis kebutuhan dari UMKM si Manis.

“Sebelumnya para anggota UMKM masih tidak terprogram jadwal kegiatan produksi maupun pemasaran yang dilakukan, serta tidak ada kejelasan mengenai tanggungjawab pekerjaan dari masing-masing anggota,”kata Wharyanti.

Selain itu, lanjut Wharyanti, tidak adanya pembukuan yang terinci dari UMKM ini menjadikan perhitungan dalam menganalisis masalah keuangan yang ada.

Kegiatan ini diawali dengan pemberian materi oleh Lukman Fadhiliya, M.Pd tentang menumbuhkan motivasi berwirausaha dilanjutkan menyusun pembukuan keuangan usaha. Pada pelatihan ini pemateri juga memberikan contoh menyusun pembukuan keuangan usaha yang baik.

Sementara Abdul Mufid, Ketua UMKM gula aren Si Manis menuturkan, pelatihan tersebut
sangat bermanfaat untuk perkembangan UMKM ke depan.

“Karena sebelumnya kami tidak pernah membuat sistem pembukuan dalam produksi dan hasil penjualan yang ada di UMKM sehingga perhitungan keuntungan maupun kerugian yang ada tidak terlalu jelas,” ujar Abdul Mufid.

Menurutnya, dengan adanya pemberian motivasi usaha dan contoh pembukuan, para anggota sangat termotivasi untuk membuat pembukuan keuangan usaha ke depannya serta semangat dalam menjalankan kegiatan UMKM. (W5)

Tinggalkan Komentar