Pesona Trukan Tambahrejo: Tempat Wisata Keluarga Baru di Bagelen

BAGELEN, Ada obyek wisata anyar di Purworejo yang baru dilaunching 10 hari lalu, yakni Pesona Trukan Tambahrejo (PTT). Obwis ini menawarkan konsep wisata keluarga berupa kolam renang anak serta tempat makan mewah (mepet sawah) dengan aneka spot foto.

Lokasinya berada di Dukuh Tambahrejo, Desa Krendetan, Kecamatan Bagelen. Jaraknya 13 Km dari pusat kota Purworejo dan ditempuh sekitar 25 menit menggunakan motor atau mobil. Selain melalui rute Bagelen, Anda bisa juga menempuh rute melalui Purwodadi,  yakni perempatan Purwodadi ke arah timur.

Ditemui Purworejo News pada Sabtu (9/10), pasangan suami istri Saliman (53) dan Sinta (54), pemilik PTT menjelaskan, PTT merupakan usaha pribadi keduanya yang dirintis bulan Mei tahun ini.

“Awalnya kami membangun dua buah kolam renang anak dengan kedalaman 70 cm dan 100 cm. Juga Padepokan Rama Sinta berkapasitas 70 orang serta tiga gasebo ‘mewah’ (mepet sawah),” jelas Sinta.

Kolam renang untuk anak-anak yang aman dan sehat

Berikutnya, di area seluas 2.000 meter itu, Saliman dan Sinta mengembangkan fasilitas lima buah gasebo yang diberi nama tokoh Pandawa Lima. Yakni Bima, Arjuna, Yudistira, Nakula, dan Sadewa. Ditambah fasilitas spot foto berupa gardu pandang.

Tapi belum lama berjalan, pemerintah menetapkan PPKM Darurat. Akibatnya PTT berhenti beroperasional. 

“Tapi momen dua bulan tutup itu kami pakai untuk berbenah. Seperti menambah fasilitas ayunan dan perosotan untuk anak,” kata Sinta.

PTT memang dirancang untuk konsep wisata keluarga. Di saat anak-anak berenang, orang tua dapat bersantai-santai di gasebo menikmati semilir angin dari sawah, atau berswa foto dari gardu pandang.

Tersedia wahana bermain anak

Untuk menjamin keamanan dan keselamatan anak selama berenang, PTT menyediakan dua orang khusus untuk mengawasi anak-anak di arena kolam renang.

“Jadi orang tua tidak perlu kuatir meninggalkan anak-anak berenang”. Tiket untuk renang seharga Rp 8.000. Kalau mau pinjam pelampung sekalian, tarifnya jadi Rp 10.000.

Kolam renang juga dilengkapi fasilitas ember tumpah di atas kolam. Juga jembatan buatan yang melintang sebagai pembatas kedua kolam renang tersebut.

Yang tak kalah menariknya adalah menu masakannya yang komplet dan terjangkau kantong. Menunya, lanjut Sinta, mulai dari soto daging sapi seharga Rp 9.000, mie ayam, bakso, sop iga, hingga gurame asam manis seharga Rp 35.000 per porsi.

Sinta dan Saliman, sang pemilik PTT

Aneka bebakaran juga tersedia. Mulai dari ayam, ikan, hingga iga bakar lada hitam. Khusus di hari Minggu PTT juga menyediakan paket ingkung seharga Rp 130.000 yang bisa dimakan lima orang.

“Dengan dibantu 12 karyawan, maksimal setengah jam menu-menu tersebut sudah siap disantap,” lanjut Sinta. Untuk minuman, yang paling direkomendasikan yakni bir pletok dan bir susu yang jarang ditemui di tempat lain.

Buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00, setiap hari Sabtu PTT menyediakan fasiltas organ tunggal mulai pukul 13.00.

“Silakan yang suka nyanyi bisa ke sini, bebas, sambil menikmati hidangan  dan suasana yang ada,” kata Sinta.

Lingkungan PTT yang nyaman dengan angin yang semilir

Selain itu, PTT juga cocok untuk mengadakan aneka pertemuan. Untuk tempat, kata Sinta, gratis, selama pesan makanan di tempatnya. Waktunya pun, bisa menyesuaikan di malam hari sekalipun, karena pihaknya menyediakan sarana penerangan yang memadai.

“Harga makanan paket mulai Rp 16.000 sudah plus minum,” lanjut Sinta. Seperti siang itu, tampak sebuah instansi sedang mengadakan acara pisah sambut.

Adapun Saliman yang sehari-hari bekerja sebagai Kaur Perencanaan di Desa Krendetan mengatakan, seluruh isi PTT dirancangnya sendiri. “Lebih marem,” katanya yang diiyakan Sinta, istrinya.

Ke depan, Saliman berencana agar PTT bisa jadi wisata edukasi. “Saya sedang merintis petik buah jambu kristal, meskipun saat ini sudah ada puluhan jambu buah di lahan ini, tapi masa panennya terbatas,” jelas bapak satu anak itu.

Tempat pertemuan yang cukup luas dan asri, cocok untuk acara kedinasan dan keluarga

Dengan dilengkap fasilitas MCK dan mushola, dalam jangka waktu dekat  PTT akan dilengkapi istana balon serta home stay juga wisata edukasi.

Selain itu secara rutin sebulan sekali pihaknya juga mengadakan event Aqua Dance. Bulan ini digelar besok, Minggu. “Yakni berupa senam di kolam renang bersama klub senam yang diasuh oleh Indra Queen mulai pukul 7 pagi,” imbuhnya.

Saliman juga menargetkan adanya penambahan wahana di PTT secara periodik agar dinamis mengikuti perkembangan jaman.

Sesuai taglinenya, destinasi wisata keluarga Pesona Trukan Tambahrejo diharapkan bisa menjadi daya tarik bagi warga Purworejo melalui wisata kolam renang dan kuliner serta kearifan lokal berupa hamparan sawah dan bentangan Bukit Menoreh. Jika Anda berminat berkunjung ke PTT, hubungi nomer WA ini: +62 813-2867-6200. (Dia)

 5,733 kali dilihat,  23 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *