Perolehan Masih Kecil, Perangkat Daerah dan BUMN/BUMD Diminta Tingkatkan ZIS

PURWOREJO, Jumlah perolehan zakat, infaq dan shodaqoh (ZIS) Kabupaten Purworejo tergolong kecil dibandingkan dengan daerah-daerah lain. Oleh karena itu, seluruh Perangkat Daerah maupun BUMN/BUMD di Kabupaten Purworejo diminta untuk berpartisipasi aktif untuk meningkatkan perolehan ZIS yang dikelola oleh Baznas.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Purworejo RH Agus Bastian, SE, MM pada Rakor dan Laporan Akhir Tahun 2020 Baznas (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Purworejo, di salah satu rumah makan di Purworejo, Selasa (16/2). 

Lebih lanjut Bupati mengatakan, berbagai bantuan telah diberikan Pemerintah untuk kaum duafa, seperti bantuan rumah layak huni dan sebagainya.

Peserta Rakor Baznas

“Sebetulnya itu memang tugas pemerintah, namun peran dari Baznas akan sangat membantu dalam mengentaskan kemiskinan,” katanya.

Dikatakan, pengelolaan zakat sudah diatur dengan baik melalui Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2014 tentang pengelolaan Zakat, serta Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2014 tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat di Kementerian/Lembaga, Sekretariat Jenderal Lembaga Negara, Sekretariat Jenderal Komisi Negara, Pemerintah Daerah, Badan Usaha Milik Negara, dan  Badan Usaha Milik Daerah. 

“Dasar hukum sudah sangat kuat, tinggal bagaimana kemampuan BAZNAS dalam mengelola zakat secara profesional dan bertanggungjawab, serta dukungan dari semua pihak terkait dan peran serta masyarakat muslim,” katanya. (Nas)

Tinggalkan Komentar