Peroleh Dana Penelitian, Mahasiswa STIE Rajawali Purworejo Bantu UMKM Kembangkan Digitalisasi Keuangan

PURWOREJO, Tahun 2022 ini STIE Rajawali memperoleh beberapa prestasi untuk pendanaan penelitian dari berbagai sumber baik untuk dosen maupun mahasiswa. Salah satunya yakni prestasi mahasiswa untuk skema PKM-RSH (Penelitian) pada Program Kreativitas Mahasiwa.

Prestasi PKM untuk PKM-RSH digawangi oleh lima orang, yakni Lina Prasetianingrum, mahasiswa semester 7 Program Studi Akuntansi bersama empat orang anggota. Yakni Tria Lusyana, Cherry Alviana, Tutik Rosiani, dan Aulina Sadita.

Bersama dosen pembimbing Nur Siyami (Yami), SE.,M.Ak, penelitian berjudul Lima Dimensi Kakus (Kinerja Keuangan Usaha) UMKM Kabupaten Purworejo itu berhasil lolos hibah PKM-RSH Ditjen Diktiristek Dikti tahun 2022.

Kepada Purworejo News, dosen pembimbing Yami menjelaskan, kelima mahasiswa yang melakukan penelitian itu tertarik untuk mengkaji kinerja keuangan usaha pada UMKM di Kabupaten Purworejo.

Pendataan pelaku UMKM oleh mahasiswa STIE Rajawali

“Hal itu dilatarbelakangi dari fenomena fluktuasinya kinerja keuangan UMKM pasca pandemi yang pada akhirnya menuntut para pelaku usaha untuk bisa mentransformasikan setiap transaksi usaha menuju era digital,” jelas Yami, Kamis (15/9).

Adapun kajian penelitiannya, lanjut Yami, ditinjau dari berbagai perspektif literasi, baik keuangan, teknologi, finansial teknologi, dan inklusi keuangan dengan mengkolaborasikan peran good corporate governance atau tata kelola perusahaan.

Saat ini proses penelitian yang sudah dilakukan mencapai target 95%. Mulai dari tahap penyusunan proposal, koordinasi dengan dinas terkait, pengumpula data, analisis data dan publikasi hasil penelitian.

Tak hanya bermanfaat bagi pelaku UMKM, menurut Yami, penelitian lima mahasiswanya diharapkan dapat menghasilkan output yang ditargetkan. Berupa prosiding nasional, hak cipta artikel ilmiah, dan policy brief.

5 mahasiswa saat menyusun laporan penelitian

Hal itu, kata Yami, diharapkan dapat menjadi bahan rekomendasi bagi pemerintah dalam menyusun kebijakan khususnya bagi UMKM di masa yang akan datang.

Penyusunan laporan akhir ditargetkan selesai tanggal 26 September mendatang. Adapun penilaian laporan kemajuan dilakukan pada Kamis (15/9) melalui media zoom meeting mulai pukul 08.30 hingga 16.00 WIB.

Dari hasil zoom meeting, dua reviewer yakni Bambang Wibisono dan Oryza Pneumatika Inderasari sama-sama menyebutkan bahwa penelitian itu sangat menarik dan update.

Keduanya pun optimistis kegiatan tersebut bisa bermanfaat untuk para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Purworejo, terutama terkait peningkatan kinerja finansialnya. (Dia)

Tinggalkan Komentar