Peringati Ulang Tahun ke-20, SMPN 39 Purworejo Adakan Lomba Lukis Antar Siswa SD

KALIGESING, Selama kurun waktu 20 tahun, baru kali ini ulang tahun SMPN 39 Purworejo diperingati dan dirayakan secara meriah. Hari Senin, (25/9) berbagai kegiatan digelar untuk memeriahkan dua dasa warsa berdirinya sekolah yang lokasinya berada di ujung timur Kabupaten Purworejo dan berbatasan dengan DIY tersebut.

Kepada Purworejo News, Kepala SMPN 39 Prastowo Widagdo, M.Pd menyampaikan, ulang tahun sekolah tersebut sebenarnya pada hari Jumat lalu yakni tanggal 23 September. “Jumat lalu kami hanya merayakan secara sederhana berupa tasyakuran dan doa bersama,” ucapnya, Senin (26/9).

Barulah pada Senin ini, sekolah mengadakan berbagai kegiatan dari pagi hingga siang hari. Diawali dengan lomba lukis yang diikuti 88 peserta dari berbagai SD di Kecamatan Kaligesing.

“Adapun SD yang ikut lomba antara lain SD Ngaran, SD Sudorogo, SD Kedunggubah, SD Purboyono, SD Hardimulyo, dan SD Tlogorejo. Setiap peserta mendapatkan alat tulis gratis,” imbuh Prastowo. Adapun tema lukisan, yakni tentang alam sekitar.

Prastowo bersama para pemenang lomba lukis SD

Selain untuk menjaring siswa yang memiliki bakat lukis, menurutnya, tujuan utama lomba lukis adalah sebagai promosi sekolah, yakni agar kelak mereka melanjutkan sekolah di SMPN 39. Para peserta tampak antusias mengikuti lomba yang baru pertama kali digelar di Kecamatan Kaligesing tersebut.

Bagi Prastowo HUT ke-20 ini menjadi tonggak awal kemajuan SMPN 39. “Dengan core value Artistik yakni Agamis, Rajin, Terampil, Indah, Santun, Tangguh, Integritas, dan Kreatif, kami pun membuat slogan baru sekolah ini yakni Jauh tapi Tangguh,” tegasnya.

Prastowo yang memiliki basik sebagai guru Mapel Seni Budaya itu optimistis, core value tersebut bisa menjadi arah yang jelas bagi kemajuan SMPN 39 nantinya, termasuk bagi semua stakeholder sekolah.

Selain lomba lukis, kemeriahan lain dalam rangka perayaan HUT sekolah yang terletak di Desa Sudorogo itu adalah kegiatan senam Asosole, flashmob Dolalak, dan drumb band.

Drumband SMPN 39 meriahkan HUT sekolah tersebut

Prastowo pun mengklaim bahwa kegiatan inipun baru pertama kali diadakan di SMPN 39. Dirinya terharu karena siswa sangat antusias selama berlatih sebelumnya untuk bisa tampil maksimal pada hari ini.

Selain itu dengan dukungan guru di sekolah tersebut Prastowo optimistis SMPN 39 yang berada di pucuk gunung bisa berprestasi dengan terus menempa diri, sesuai dengan slogannya yakni Jauh tapi Tangguh.

Dihubungi terpisah Kepala Dindikbud Kabupaten Purworejo Wasit Diyono, S. Sos memberikan ucapan selamat ulang tahun ke-20 SMPN 39. “Selamat ulang tahun ke-20 untuk siswa, guru, serta kepala SMPN 39. Semoga di bawah komando Pak Prastowo SMPN 39 dapat lebih maju. Meski berada di lokasi yang jauh tapi tetap tangguh untuk menciptakan prestasi,” ucapnya.

“Keberadaan SMPN 39 mempunyai nilai strategis karena berada di pinggiran wilayah Kabupaten Purworejo sehingga bisa menampung siswa yang jauh dari kota untuk melanjutkan sekolah terdekatnya. Hal itu akan merangsang siswa pinggiran melanjutkan sampai tingkat menengah,” pungkas Wasit. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *