Peringati Tahun Baru Hijriah, Ribuan Warga Dusun Manisjangan Gelar Tirakatan Suroan

GEBANG, Ribuan warga Dusun Manisjangan Desa Seren Kecamatan Gebang memeriahkan peringatan tahun baru 1444 Hijriah dengan Tirakatan Suroan pada Sabtu (30/7) malam. Mereka tumpah ruah memadati jalan dusun dengan berjajar sepanjang 200-an meter di tempat acara puncak digelar. Sebelumnya, mereka membuat tumpeng di rumah Kadus Manisjangan dan diarak sampai ke tengah dusun.

Kepala Dusun Manisjangan, Sunardi menjelaskan, tumpeng berisi bermacam sajian makanan seperti ingkung, bubur merah dan putih, serta seribuan nasi yang dibungkus daun pisang. “Setelah diarak tumpeng didoakan oleh kyai setempat supaya warga terhindar dari marabahaya,” kata Sunardi.

Selain itu, warga juga melantunkan sholawatan/srakalan. Puncaknya, ribuan warga berebut tumpeng yang kemudian dimakan bersama-sama.

Kepala Dusun beserta perangkat desa mengenakan busana Jawa

Sunardi menambahkan, peringatan Tirakatan Suroan tahun ini lebih meriah dibanding waktu sebelumnya. “Biasanya kami memotong ayam, kali ini kita meriahkan dengan memotong kambing, serta kirab menggunakan pakaian adat jawa,” jelasnya.

Setelah acara serimonial usai, ditampilkan seni kempling semalaman suntuk. Acara yang berlangsung meriah tersebut dihadiri Kepala Desa Seren Lukmanto, tokoh adat Sunarko, serta perangkat Desa Seren.

Lukmanto mengungkapkan, dirinya mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya Tirakatan Suroan dapat memberikan contoh bagi dusun lain. Selain itu, kegiatan positif Tirakatan Suroan dapat mempererat tenggang rasa dan kerukunan antar warga.

“Kegiatan ini dapat dijadikan contoh yang baik bagi dusun yang lain, juga membuat anak-anak sejenak melupakan gadget dan dapat mempelajari adat Jawa sehingga kita tidak melupakan adat yang baik dari para leluhur,” katanya. (Dia)

Tinggalkan Komentar