Peringati Lustrum VI, SMA Negeri 7 Luncurkan Aplikasi “Siap Maju”

PURWOREJO, Hari ini Minggu 5 September 2021, SMA Negeri 7 Purworejo merayakan hari lahir yang ke-30 atau Lustrum VI. Berbeda dengan peringatan ulang tahun di masa normal, di masa pandemi covid-19 ini perayaan digelar secara sesuai dengan protokol kesehatan. Undangan terbatas, tempat duduk berjarak dan tidak ada hiburan di panggung.

Padahal gedung Wisma Budaya tempat acara berlangsung, disetting begitu rupa sehingga tampak mewah. Pejabat yang hadir pun hanya Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Jateng, Dr Nikmah Nurbaity, S.Pd, M.Pd.BI, yang juga mantan kepala SMAN 7 Purworejo. Selebihnya adalah pengurus komite, alumni, perwakilan guru dan beberapa siswa.

Acara Lustrum VI yang mengangkat tema Inovasi Berpilar Tradisi itu diawali dengan pembacaan sejarah singkat SMA Negeri 7 Purworejo. Sekolah yang terletak di Jalan Ki Mangunsarkoro No 1 Purworejo itu berdiri di atas tanah seluas 4,6 hektare.

Gedungnya merupakan bangunan peninggalan pemerintah zaman Belanda yang dibangun pada awal masa pendidikan guru tinggi HKS (Hoogere Kweek School) pada tahun 1914 dan diresmikan pada tahun 1915.

Dr Nikmah Nurbaity

Bangunan yg megah berasitektur Indis dengan fasilitas asrama siswa ini mencerminkan bahwa kompleks sekolah benar-benar dipersiapkan sebagai wahana pendidikan unggul. Siswa-siswa pada masa HKS berasal dari berbagai kota di seluruh Indonesia (Hindia Belanda).

Sekurang-kurangnya ada empat tokoh nasional lulusan HKS yaitu Otto Iskandar Dinata (menteri negara pada awal RI) HKS 1920, R Abd Moetallip Djojonegoro (ayahanda Prof Wardiman Djojonegoro, Mendikbud) HKS 1928, RM Isdiman Soerjokoesoemo (pahlawan Palagan Ambarawa) HKS 1928, dan R Abdullah Rachman (eyang Menparekraf Sandiaga Uno) HKS 1931.

Pada tanggal 5 September 1991 pemerintah mendirikan SMA Negeri 7 Purworejo yang kala itu bernama SMA Negeri 3 Purworejo. Sekolah ini merupakan pergantian dari Sekolah Pendidikan Guru (SPG).

Kepala SMAN 7 Purworejo, Niken Wahyuni, M.Pd pada kesempatan itu mengajak seluruh keluarga besar SMAN 7 untuk menjadi teladan dalam kepatuhan terhadap protokol covid-19 di manapun berada.

Wakil alumni menyerahkan buku tabungan kepada siswa

“Senantiasa eling dan ngelingke, saling peduli dan berbagi sehingga kita semua kuat dalam menghadapi cobaan yang dahsyat ini,” kata Niken.
Diungkapkan, pada lustrum VI diluncurkan berbagai ikon dan fasilitas baru sebagai upaya dalam menyongsong era revolusi industri 4.0. Menyiapkan siswa untuk dapat bersaing dalam dunia global dengan sejumlah ketrampilan yang harus dikuasai. 

“Namun dengan tetap memiliki akhlaqul karimah, karakter yang kuat, menghargai budaya dan peduli pada lingkungan sebagai cermin pemuda yang memiliki profil pelajar Pancasila,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VIII Jateng, Dr Nikmah Nurbaiti mengibaratkan usia SMAN 7 sebagai gadis yang sedang cantik-cantiknya, atau seorang pria yang sedang tampan-tampannya.

Undangan acara Lustrum VI SMA Negeri 7 Purworejo terbatas dan terapkan prokes ketat

Nikmah berpesan kepada seluruh siswa agar disiplin yang baik dan belajar yang keras. Sehingga diharapkan SMAN 7 terus berprestasi meski di masa pandemi. 

Di akhir sambutannya, Dr Nikmah meluncurkan aplikasi Siap untuk mempermudah pembelajaran. Siap Maju merupakan akronim dari Sistem Aplikasi SMA Negeri Tuju, hasil kreasi tim IT SMAN 7 Purworejo.

Pada kesempatan itu juga diserahkan penghargaan kepada dua orang guru berprestasi yaitu Dra Waryanti, M.Pd (guru sejarah) dan M Nur Setiawan, S.Pd, MM (pembina paduan suara). Keduanya dalam kurun waktu 4 tahun berhasil membawa siswa binaannya berprestasi, baik di level kabupaten hingga nasional.

Disamping itu, Alumni SMA 7 GT 2007 memberikan beasiswa untuk 20 siswa masing masing Rp1 juta danAlumni SMA 7 GT 2016 untuk 5 siswa masing masing Rp 1 juta. Alumni angkatan yang lain juga memberikan sumbangan kepada sekolah. (Nas)

 563 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

2 comments

  1. Mantab . Semoga dapat menginpirasi dan dapat menebarkan kebaikan dan bermanfaat untuk sekeliling kita dan Indonesiaku tercinta.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *