Peringati HUT RI, Selasar Sempit Pasar Baledono Disulap Jadi Arena Tasyakuran

PURWOREJO, Setelah dua tahun dikungkung pandemi Covid-19, ephoria kemeriahan di hari ulang tahun Indonesia tahun ini bergema ke seluruh sudut, termasuk di selasar lantai 2 Pasar Baledono. Dengan memanfaatkan selasar pasar sepanjang 20 meter, sebanyak 120 pedagang Blok B menggelar syukuran memperingati HUT RI.

Mereka adalah pemilik kios yang berjualan bumbu, gerabah, sayuran, ikan asin, pakaian, serta snack kering di lantai dua Pasar Baledono.

Para peedagang yang tergabung dalam paguyuban ‘Guyub Rukun’ itu duduk lesehan di sepanjang selasar selebar dua meter pada Rabu (17/8) siang. Sebagian besar kios mereka tutup untuk mengikuti acara tersebut.

Seperti layaknya acara resmi, pada tasyakuran pun mereka menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hari Merdeka. Setelah tausyiah dilanjutkan dengan potong tumpeng dan makan bersama yang digelar secara prasmanan.

Potong tumpeng tanda syukur

Ketua panitia acara tasyakuran, Irma, mengungkapkan, tasyakuran diisi dengan tausyiah oleh KH Nurul Huda dari Baledono, dan diakhiri dengan makan bersama.

Selain itu juga dibagikan hadiah hiburan bagi pemenang aneka lomba dolanan yang diadakan Sabtu lalu. “Lombanya juga diadakan di (selasar) sini. Ada lomba memecahkan balon, lari sarung, memasukkan pensil, dan estafet terong,” jelas Irma kepada Purworejo News.

Bagi para pedagang di Blok B yang sebagian besar perempuan, di manapun tempatnya, yang penting mereka bisa berperan untuk turut memeriahkan HUT RI. Disamping sebagai rasa syukur masih diberi kesehatan untuk bekerja. (Dia)

Tinggalkan Komentar