Peringati HUT Je-37, Sanggar Tari Prigel Launching Dolalak Sekaring Jagad

PURWOREJO, Merayakan hari jadinya ke-37, Sanggar Tari Prigel Purworejo mempersembahkan pertunjukan seni tari sekaligus melaunching karya terbarunya, tari dolalak Sekaring Jagad, di Ganesha Convention Hall pada Jumat (20/5). 

Ikut menyaksikan pertunjukan tersebut Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH, Penasehat Sanggar Tari Prigel Soekoso DM, tokoh masyarakat serta para wali siswa sanggar. 

Pimpinan Sanggar Tari Prigel, Melania, mengatakan, setiap insan memiliki cara tersendiri untuk bersyukur, tak terkecuali dengan Sanggar Tari Prigel yang telah memasuki usia ke- 37 tahun.

Tari dolalak dikemas secara moderen

Di usia 37 tahun ini, lanjutnya, sanggar telah sedikit banyak berkontribusi untuk mempertahankan kesenian dan budaya bangsa. 

“Kita patut bersyukur ditengah banyaknya budaya luar yang masuk dan mempengaruhi kehidupan kita saat ini, masih banyak peminat seni maupun orang tua yang mengarahkan anaknya untuk belajar berkesenian,” ucapnya.

Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti, SH mengharapkan Sanggar Tari Prigel tetap konsisten melestarikan kesenian tradisional serta selalu menjadi kebanggaan Kabupaten Purworejo. 

“Saya juga menyampaikan selamat atas dilaunchingnya Tari Dolalak Sekaring Jagad, teriring harapan pemilihan momentum tanggal 20 Mei yang merupakan Hari Kebangkitan Nasional ini, akan menandai kebangkitan seni tradisional Kabupaten Purworejo,” katanya.

Wabup Yuli Hastuti

Keanekaragaman seni budaya yang kita miliki menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan kita, tumbuh dan berkembang serta berfungsi pula memperkokoh tali persatuan dan kesatuan di antara kita semua. 

Menurutnya, seni tari termasuk dolalak yang merupakan kesenian asli Kabupaten Purworejo juga terus tumbuh sebagai kekayaan seni budaya tradisional yang ada di daerah. 

“Bahkan dolalak layak menjadi potensi yang perlu terus dikembangkan. Saya yakin, nDolalak akan semakin eksis apabila dikemas sedemikian rupa, misalnya sebagai welcome dance saat para pelancong masuk Purworejo,” tandasnya. (Nas)

Tinggalkan Komentar