Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Dinas LHP Purworejo Adakan Gowes dan Tanam Pohon

PURWOREJO,  Masalah lingkungan hidup menjadi concern bersama baik masyarakat, komunitas, maupun instansi pemerintahan. Untuk itu, Dinas LH dan Perikanan Kabupaten Purworejo menginisiasi kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Acara digelar Minggu (5/6), bertepatan dengan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

Selain Perum Perhutani KPH Kedu Selatan, berbagai komunitas juga digandeng Dinas LH dan Perikanan. Yakni Kagama Purworejo, Kagama Rame-Rame Mancal PIT (KaRMaPIT) Yogyakarta, Komunitas Ficus, Karang Taruna Desa Kedungsari, serta Komunitas Flamingo.

Acara yang dipusatkan di Heroes Park itu selain diikuti ratusan peserta dari komunitas tersebut,  juga dihadiri Plt Kadin LHP Maria Dini Handajani, ST.,M.AP.  Sebelumnya sebagian mereka bersepeda terlebih dahulu dari alun-alun Purworejo.

Plt Kadin LHP menerima bibit pohon dari pengurus KaRMaPIT Yogyakarta

Kepada Purworejo News, ketua panitia Siti Lestari, MM mengatakan, kegiatan dilakukan sebagai gerakan bersih lingkungan di setiap wilayah desa, RW dan RT. Adapun gerakan bersepeda adalah dalam rangka mengurangi emisi gas buang.

“Selain itu sebagai gerakan edukasi gaya hidup berkelanjutan dan harmonis dengan alam,” kata Siti. Disebutkan, panitia juga melakukan gerakan menanam pohon berupa 103 batang aneka bibit pohon donasi dari KaRMaPIT serta 76 batang bibit beringin dari Komunitas Ficus.

Ketua Kagama Purworejo Drs Wasilin, M.Sc menyampaikan, pihaknya berharap kolaborasi dengan berbagai pihak bisa bermanfaat bagi masyarakat. “Sehingga Kagama bisa guyup, rukun, migunani, seperti amanah ketua umum Kagama Ganjar Pranowo,” kata Wasilin.

Masing-masing komunitas menanam pohon

Adapun ketua KarMaPIT Yogyakarta, Agus Hartono mengungkapkan, kondisi yang dihadapi dunia saat ini berkaitan dengan iklim. “Makanya sekarang saatnya menanam atau wayahe nandur,” ucapnya.

Agus menceritakan, 24 anggota KaRMaPIT sehari sebelumnya nggowes dari Yogya menuju Purworejo. Pagi harinya mereka kembali nggowes dari alun-alun hingga Heroes Park. Ada empat anggota KaRMàPIT wanita yang ikut dalam acara tersebut.

Di akhir acara, masing-masing komunitas secara simbolis menanam berbagai pohon, termasuk beringin di lokasi Heroes Park. Mereka berharap agar tanaman tersebut dapat tumbuh dan berkembang agar bermanfaat di masa mendatang. (Dia)

Tinggalkan Komentar