Peringati Hari Guru, SMPN 2 Berikan Apresiasi Bagi Guru dan Siswa Berpestasi

PURWOREJO, Peringatan Hari Guru yang jatuh pada hari ini, Rabu (25/11) terasa berbeda di SMPN 2 Purworejo. Tahun sebelumnya para siswa dilibatkan dengan memberikan setangkai bunga untuk para guru serta menyanyikan lagu-lagu berisi ucapan terima kasih pada guru.
Kali ini berupa tasyakuran yang hanya dihadiri guru dan kepala SMPN 2 Purworejo Yosiyanti Wahyuningtyas, M.Pd di ruang guru sekolah setempat.

Di meja sudah ditata dua tumpeng dengan berbagai macam ubarampenya. Menurut Yosi, tumpeng itu diberikan kepada guru senior dan guru yunior.

“Saya memberikan potongan tumpeng pertama untuk guru senior
sebagai ungkapan terima kasih karena telah menjadi teladan dan memberi semangat pada teman-teman guru,” ucap Yosi sambil menyerahkan potongan tumpeng kepada Drs Karmudi.

Adapun potongan tumpeng kedua untuk guru yunior diberikan Yosi sebagai ungkapan melanjutkan cita-cita dan visi sekolah, yang diterima oleh Hana Sekar Binri, S.Pd.

Nabila menerima penghargaan atas prestasinya meraih medali emas dalam KSN mapel IPS

Selain itu, Kepala SMPN 2 Purworejo juga memberikan penghargaan kepada empat guru pembimbing yang telah berhasil mengantarkan Nabila Thalita Sari, siswa kelas 9A yang berhasil meraih medali emas dalam Kompetisi Sains Nasional (KSN) Mapel IPS tahun 2020.

Keempat guru itu yakni Dra Banun Pujiastuti, Dra Sri Harini Kartiningsih, Prihatin, S.Pd, dan
Dra Puspito Catur Wahyuni. Mereka mendapatkan penghargaan berupa piagam dan uang tunai. Demikian pula dengan Nabila yang juga merupakan pengurus OSIS dan pengurus PMR.

Usai menyerahkan penghargaan yang disaksikan oleh seluruh guru, Yosi mengatakan, meski pandemi, SMPN 2 tak henti berprestasi dengan mengikuti berbagai kegiatan dan lomba yang diadakan khususnya di tingkat provinsi dan nasional.

Selain menjuarai KSN, beberapa waktu sebelumnya SMPN 2 juga berhasil meraih juara 2 pada lomba Iklan Layanan Masyarakat (ILM) yang diselenggarakan oleh BPTIK Dikbud Provinsi Jawa Tengah.

“Padahal pesertanya ratusan dari berbagai elemen,” ungkap Yosi bangga. Yosi juga menyebut berbagai kejuaraan lain yang berhasil diraih siswa siswinya di level kabupaten.

Yosiyanti Wahyuningtyas

Terkait dengan adanya siswa SMPN 2 Purworejo yang terjangkit Covid-19, Yosi menyebut, pihaknya selalu mengadakan koordinasi dengan dinas terkait dan Puskesmas sehingga bisa langsung diatasi.

“Beberapa waktu lalu saat salah satu siswa dinyatakan positif Covid-19, kami langsung menghubungi Puskesmas untuk melakukan swab kepada satu rombel dengan yang bersangkutan, juga guru kelas. Puji Tuhan hasilnya semua negatif,” ucap Yosi.

Ia meyakini, semua siswa sudah sangat memahami prosedur prokes yang ditetapkan sehingga penularan yang terjadi di SMPN 2 sangat kecil. Bila memang ada siswa yang terindikasi positif Covif-19 pihaknya langsung meminta yang bersangkutan untuk melakukan isolasi mandiri.

Yosi juga mengapresiasi kerjasama dengn orang tua siswa
yang memberikan motivasi dan informasi terkait kondisi terkini. Ia menegaskan, meski siswa harus menjalani kegiatan belajar di rumah, mereka harus tetap memakai seragam sekokah sebagai upaya penanaman disiplin dan karakter siswa yang menjadi program unggulan SMPN 2 Purworejo.

Melalui Hari Guru, Yosi berharap agar para guru dapat memberi motivasi kepada siswa serta mengantarkan siswa meraih keberhasilan tidak hanya di tingkat provinsi tapi di tingkat nasional bahkan internasional. (Dia)

 288 kali dilihat,  4 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *