Peringati Harganas, Wabup Luncurkan Sekolah Lansia Qoryah Thoyyibah

BUTUH, Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 tingkat Kabupaten Purworejo tahun 2022 dipusatkan di Desa Panggeldlangu, Kecamatan Butuh, Rabu (20/7). Peringatan kali ini ditandai dengan peluncuran Sekolah Lansia Qoryah Thoyyibah oleh Wakil Bupati Yuli Hastuti, SH.

Pada kesempatan itu Wabup Yuli Hastuti, SH mengatakan, Harganas yang diperingati setiap tahun, merupakan momentum untuk mengingatkan masyarakat akan pentingnya keluarga. Sehingga masyarakat menyadari bahwa keluarga memiliki peran yang sangat besar dalam upaya memperkuat ketahanan nasional. 

Wabup mengajak seluruh komponen makin memperhatikan kualitas keluarga dan generasi selanjutnya. Antara lain melalui pemberian nutrisi dan asupan terbaik untuk anggota keluarga, utamanya sejak seribu hari pertama kehidupan.

Wabup juga mengapresiasi dilaunchingnya Sekolah Lansia Qoryah Thoyyibah di Desa Panggeldlangu. Sekolah tersebut merupakan sekolah lansia yang pertama didirikan di Kabupaten Purworejo.

Wabup menyakakan bazar di lokasi upacara peringatan Harganas

Wabup berharap Sekolah Lansia Qoryah Thoyyibah bisa menjadi rujukan dan percontohan dari desa-desa lain di Kabupaten Purworejo.

“Sekolah lansia merupakan lembaga pendidikan non formal program dari BKKBN dalam rangka meningkatkan kualitas pengelolaan Kelompok Bina Keluarga Lansia (BKL). Tujuan dibentuknya sekolah lansia antara lain guna mewujudkan lansia yang sehat, mandiri, aktif, produktif dan bermartabat,” ungkapnya. 

Sementara itu Kepala Dinsosdaldukkb Kabupaten Purworejo Ahmat Jainudin, SIP, MM  berharap, kegiatan ini menjadi  momentum untuk memperkuat  fungsi keluarga yaitu fungsi agama, cinta kasih, perlindungan, ekonomi, pendidikan, reproduksi, sosial budaya, dan fungsi lingkungan. 

“Sesuai arahan Bapak Bupati dan Ibu Wakil Bupati, perayaan peringatan Harganas tidak kita laksanakan di Kota Purworejo melainkan di pedesaan. Dengan harapan ke depan segala bentuk pelayanan kepada masyarakat betul-betul dapat diakses dengan mudah dan terjangkau,” ungkapnya. (Nas)

Tinggalkan Komentar