Peringatan Hari Jadi Kabupaten Purworejo yang Baru Akan Dimeriahkan Berbagai Pertunjukan

PURWOREJO, Dalam rangka Peringatan Hari Jadi Kabupaten Purworejo ke-188 sejumlah event akan digelar. Peringatan hari jadi yang pertama kali digelar sejak adanya perubahan dari semula tanggal 5 Oktober menjadi tanggal 27 Februari tersebut, ada tiga kegiatan utama yang sedang dipersiapkan oleh Dinas Parwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo. Kegiatan akan dimulai pada bulan Februari hingga Maret 2019 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinparbud Kabupaten Purworejo, Agung Wibowo pada saat jumpa pers di Press Center di kompleks Gedung Setda Purworejo, Kamis (21/2). Perubahan tanggal Hari Jadi Kabupaten Purworejo berdasarkan Perda Nomer 1 Tahun 2019 tentang Hari Jadi Kabupaten Purworejo.

Dijelaskan Agung, ketiga kegiatan utama itu bisa dinikmati oleh warga masyarakat. Namun, sebelumnya ada beberapa prosesi lain seperti ziarah ke Makam RAA Cokronegoro I di Bulus, Kecamatan Gebang dan beberapa kegiatan pendukung lainnya.

Event pertama akan digelar berupa kegiatan Jumenengan RAA Cokronegoro I sebagai Bupati Purworejo pertama. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 27 Februari 2019 malam. Dilanjutkan dengan Sendratari Jumenengan.

“Rencananya akan dipindah dari sebelumnya di Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo, akan dipindahkan ke Jalan Dr Setiabudi. Hal itu dilakukan agar warga masyarakat bisa lebih leluasa dalam menikmati sajian tersebut,” ungkap Agung.

Lanjut Agung, event kedua berupa parade budaya, yang akan dimeriahkan oleh Marching Band Akademi Militer Magelang pada tanggal 2 Maret 2019. Kegiatan juga akan dimeriahkan dengan Parade Kereta Kencana yang ada di Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo serta Kereta Kencana pinjaman dari Yogyakarta.

“Kegiatan parade budaya ini diprediksi akan banyak mengundang perhatian warga masyarakat Purworejo, sebab melibatkan seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah di Jajaran Pemerintah Kabupaten Purworejo. Untuk kepala dinas akan naik dokar, camat menunggang kuda serta jajarannya akan menjadi beegodo pengiring,” kata Agung.

Sedangkan event ketiga digelar 3 Maret 2019, berupa kegiatan jalan sehat, yang bisa diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Purworejo.

“Untuk jalan sehat pendaftaran gratis dan akan mendapat kaos. Bagi masyarakat yang akan ikut silakan saja mendaftar, taget kami peserta 10 ribu,”pungkas Agung. (W5)

Tinggalkan Komentar