Pencari Kerja Antusias Ikuti Rekrutmen BKK SMK PN dan PN 2 Purworejo

PURWOREJO, Bursa Kerja Khusus (BKK) yang digelar SMKPN dan PN 2 Purworejo pada hari Kamis (2/6) mendapat sambutan luar biasa dari para pencari kerja khususnya remaja. Hal itu tampak dari banyaknya pengunjung yang datang dalam BKK yang diikuti 81 BKK SMK PN dan PN 2 serta 10 BKK dari SMK negeri maupun swasta lainnya dari Purworejo maupun luar wilayah.

Kepala SMK PN Sugiri M.Pd menjelaskan, program BKK memanfaatkan momen pasca liburan Idul Fitri dan ujian sekolah. “Jadi ini sangat tepat untuk menggelar rekrutmen tenaga kerja setelah beberapa waktu program BKK terkendala pandemi Covid-19,” ujarnya.

Ditambahkannya, kerja sama yang digelar antara PT Mitra Metal Perkasa (MMP) Karawang dengan BKK SMK PN dan PN 2 yakni untuk merekrut karyawan dengan posisi operator produksi.

Kegiatan tersebut dilaksanakan satu hari penuh dari mulai tahap psikotes sampai dengan wawancara. Kesigapan staf BKK bekerjasama dengan pihak MMP membuat acara dapat berjalan lancar hingga selesai sore hari.

Siswa SMK PN dan PN 2 ikuti BKK

Di sisi lain, Kepala SMK PN 2 Rakhmi Widayati, S.Sos mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi kinerja BKK dalam melaksanakan program-programnya.

“PT MMP Karawang adalah sebuah perusahaan yang memproduksi komponen otomatif, penyuplai spare part untuk kendaraan roda dua seperti Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki. Juga produk kendaraan roda empat seperti Suzuki dan Hino,” jelas Rakhmi.

Ditemui secara terpisah, Ketua BKK SMK PN, Joko Hartono mengatakan, BKK SMK PN dan PN 2 telah menjalin MoU dengan beberapa perusahaan ternama. Yakni PT Chemco Harapan Nusantara, PT Polytron, PT Panasonic, PT Mitra Metal Perkasa, PT JEAC, Simpur, Hitachi, dan Supersteel.

Joko Hartono (tengah) bersama perwakilan empat sekolah yang melakukan MoU

Dalam waktu dekat, lanjutnya, BKK SMK PN dan PN 2 juga akan mengadakan perekrutan tenaga kerja dengan PT Quick Traktor Jogyakarta serta PT Panasonic Gobel untuk pemagangan ke Jepang.

“Banyaknya MoU dengan PT menunjukkan bahwa BKK SMK PN dan PN 2 serius untuk menyalurkan lulusannya ke dunia kerja,” tegas Joko. Menurutnya, momen perekrutan canaker juga dimanfaatkan oleh beberapa BKK SMK untuk melakukan MoU dengan PT MMP di SMK PN dan PN 2 Purworejo.

Tercatat ada empat BKK yang melakukan MoU, yakni BKK SMK YPT Purworejo, SMK VIP Ma’arif NU Kemiri, SMK Widya Kutoarjo, dan SMK Ma’arif 5 Gombong.

Dirinya berharap kerja sama tersebut dapat mensukseskan program pemerintah untuk menyalurkan lulusan SMK ke dunia kerja. (Dia)

Tinggalkan Komentar