Pemkab Kucurkan Dana Rp 32 M untuk Bangun 4 Jembatan dan Peningkatan Jalan

PURWOREJO, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Purworejo bakal segera mengganti sekaligus melebarkan empat buah jembatan di empat kecamatan. Seluruh proyek tersebut didanai APBD kabupaten senilai Rp 16 miliar lebih.

Kepala Dinas PUPR Suranto, S.Sos, MPA melalui Kabid Bina Marga Prono Sumbogo, ST menjelaskan, keempat jembatan tersebut yaitu Jembatan Gowong di Desa Gowong, Kecamatan Bruno, Jembatan Kaliwungu di Desa Kaliwungu Lor, Kecamatan Ngombol.

Jembatan Semawung Daleman di Kelurahan Semawung Daleman, Kecamatan Kutoarjo dan Jembatan Sigondok di Desa Ganggeng, Kecamatan Purworejo.

“Tadi siang Pak Kadin bersama Forkopincam dan sejumlah kepala desa menggelar kenduri di Desa Kaliwungu, menandai dimulainya pembangunan jembatan Kaliwungu,” kata Prono Sumbogo di ruang kerjanya, Jumat (19/8) sore.

Prono Sumbogo

Menurut Prono, pembangunan empat jembatan tersebut merupakan upaya Pemkab Purworejo untuk memperluas dan memperlancar akses perekonomian di seluruh wilayah Purworejo.

Prono merinci, Jembatan Gowong direncanakan panjang 5 m dan lebar 5 m. Jembatan yang didanai APBD sebesar Rp 2,9 M itu merupakan penggantian jembatan lama yang sudah setahun lebih rusak.

Sementara Jembatan Kaliwungu dibangun dengan nilai kontrak sekitar Rp 8 M. Panjang jembatan 23,6 m dan lebar 5 meter. Jembatan tersebut menghubungkan Desa Karangtalun-Ringgit-Kaliwungu Lor-Kaliwungu Kidul-Sumberrejo.

“Konstruksi jembatan yaitu balok pracetak. Dijadwalkan selesai akhir Desember,” jelasnya.

Suasana kenduri di Desa Kaliwungu

Lainnya yaitu Jembatan Semawung Daleman di Kutoarjo yang menghubungkan Kelurahan Semawung Daleman dengan Semawung Kembaran-Bayem-Majir. Jembatan panjang 12 m dan lebar 5 m tersebut didanai APBD senilai Rp 2,4 M.

“Lebar jembatan semula tiga meter, akan dilebarkan jadi 5 meter. Nantinya bisa untuk simpangan mobil,” tambahnya.

Selanjutnya Jembatan Sigondok di Desa Ganggeng, Kecamatan Purworejo. Jembatan pengganti itu menghubungkan Cangkrep-Bagelen. Panjang jembatan 12 m dan lebar ditambah dari 3,5 m menjadi 6 m. Biaya pembangunannya sebesar Rp 2,882 M.

Selain empat jembatan, Pemkab juga bakal mengucurkan dana APBD sekitar Rp 16 M untuk membiayai empat proyek peningkatan jalan, dua pemeluharaan berkala Jalan Proklamasi dan Jalan Pemuda serta pemeliharaan trotoar Kota Purworejo dan Kutoarjo. (Nas)

Tinggalkan Komentar