Pemdes Tlogorejo Dipuji, Bantu Anggaran PKK Sebesar Rp 56 Juta Setahun

PURWODADI, Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian, SE menyambut positif langkah Pemerintah Desa Tlogorejo, Kecamatan Purwodadi, yang telah menganggarkan sebesar Rp 56 juta untuk mendukung kegiatan PKK. Dengan anggaran ini, tentu PKK desa bisa lebih meningkat dalam memberdayakan kesejahteraan keluarga hingga ke tingkat dasa wisma.
Ungkapan itu disampaikan Fatimah pada kegiatan evaluasi 10 program pokok PKK tingkat Kabupaten Purworejo di Desa Tlogorejo, Rabu (31/7). Hadir pula Forkopimcam, Ketua TP PKK Kecamatan Ny Hery Raharjo, Kepala Desa Tlogorejo Kastomo, Ketua PKK Desa Arum Kastomo dan sejumlah pengutus PKK.
Lebih lanjut Fatimah mengatakan, bantuan tidak serta merta datang dengan sendirinya tetapi ada upaya aktif dari pengurus PKK desa untuk menyampaikan rencana yang dituangkan dalam program kerja.

“Juga menyampaikan argumentasi yang realistis dan harus bertanggungjawab dalam merealisasikan program kegiatan. Apalagi peran PKK memang tidak diragukan lagi dalam ikut membangun SDM masyarakat melalui berbagai kegiatan PKK,” tuturnya.

Fatimah berharap tidak hanya Desa Tlogorejo yang memberikan dukungan anggaran yang memadai, tetapi juga desa-desa yang lain. Karena masih ada desa yang menganggarkan PKK sekitar Rp 5 juta hingga Rp 7 juta pertahun.
“Tentu pemerintahan desa dapat mulai memperhatikan keberadaan PKK, sehingga dapat beriringan. Kerena PKK merupakan mitra pemerintah yang turut menyukseskan program-program pemerintah,”tandasnya.

Ada 6 desa yang masuk nominasi, setelah dilakukan penilaian melalui pengirimian quesioner. Antara lain Desa Tlogorejo Kecamatan Purwodadi, Bleber Bener, Sidomulyo Purworejo, Kedungkamal Grabag, Wirun Kutoarjo, dan Desa Wironatan Kecamatan Butuh.
Sementara itu Ketua TP PKK Tlogorejo Arum mengatakan, anggaran dari pemerintah desa sebesar Rp 56 juta digunakan untuk kegiatan 4 Pokja sebanyak Rp 36 juta, dan Rp 20 juta untuk pengembangan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).
“Pelaksanaan UP2K bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga melalui pembangunan ekonomi. Terdapat delapan kelompok pelaksana dengan total dana yang berputar sebesar Rp 42,6 juta,”jelasnya. (A)

Tinggalkan Komentar