Pembatalan Sepihak Program Bedah Rumah, Kades Tetap Minta Direalisasi Tahun Ini

PURWOREJO, Terkait pembatalan renovasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang dilakukan Pemda Kabupaten Purworejo melalui Dinas Perkimtan, kades Kalimiru, Kecamatan Bayan, Agung Yuli Priatmoko angkat bicara. Ditemui di kantor desa pada Rabu (16/11) siang, Agung menyayangkan kejadian tersebut.

Agung merupakan salah satu kades yang menyuarakan aspirasi warganya saat mendatangi Kantor Perkimtan pada Jumat (11/11). Di desanya ada 10 warga yang sedianya menerima bantuan untuk rehab RTLH tersebut.

Dijelaskannya, pada awal verifikasi, selaku kades ia mendapat pemberitahuan secara tertulis perihal warganya yang bakal mendapatkan bantuan bedah rumah.

Sepengetahuannya, program bedah rumah tersebut untuk tahun 2022 dan dicairkan pada bulan November ini melalui rekening masing- masing penerima.

“Mereka sudah dibuatkan rekening di salah satu bank berdasarkan SK Bupati. Penandatanganan buku tabungan dilakukan di Kecamatan Bayan pada 17 Oktober,” rincinya.

Agung YP, kades Kalimiru

Tanpa pemberitahuan kepada pihak desa, tiba-tiba dirinya mendapat laporan dari warga calon penerima bahwa bantuan tersebut dibatalkan.

“Suratnya tidak ada tembusannya ke kami karena by name by address,” lanjutnya. Agung pun baru mengetahui adanya pembatalan tersebut berdasarkan laporan warga.

Berdasarkan informasi tersebut Agung dan puluhan kades yang warganya mengalami nasib serupa mendatangi kantor Perkimtan. Menurut Agung, alasan pembatalan karena adanya kendala dalam mekanisme pencairan dinilai tidak jelas.

“Padahal hampir semua warga calon penerima bantuan sudah merenovasi rumah secara mandiri. Mereka juga sudah mengambil material dari rekanan,” imbuh Agung. Ia pun meminta pemda dalam hal ini Perkimtan untuk segera menyelesaikan masalah tersebut.

Menurutnya warga hanya mengikuti instruksi. Agung juga menyayangkan pembatalan yang mekanismenya tidak ada pemberitahuan secara tertulis kepada pihak desa sebagaimana saat proses awal. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *