Pelatihan Keterampilan Berbasis Kompetensi Resmi Ditutup, Sebagian Besar Peserta Dinyatakan Lulus

PURWOREJO, Pelatihan Ketrampilan Berbasis Kompetensi gelombang kedua yang diselenggarakan oleh UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Dinperinaker) Kabupaten Purworejo, Kamis (20/6), resmi ditutup oleh Kepala Dinperinaker Kabupaten Purworejo, Gathot Suprapto, SH.

Kepala UPT BLK Dinperinaker Kabupaten Purworejo, Sudarman, S.Sos dalam sambutannya menerangkan, terdapat 11 kejuruan dalam Pelatihan Ketrampilan Berbasis Kompetensi gelombang kedua. Yakni Pembuat Roti dan Kue, Pemeliharaan Kendaraan Ringan Sistem Konvensional, Teknisi Audio Video, Perakitan Komputer, Teknisi Telepon Seluler, Pengoperasian Mesin Bubut, Mengerjakan Finishing Dengan Teknik Semprot, Menjahit Pakaian Dengan Mesin, Teknisi Refrigerasi, Juru las I SMAW, dan Pemasangan Otomasi Listrik Industri.

“Namun dari 11 kejuruan tersebut hanya 10 yang diuji kompetensi, sementara untuk kejuruan pengoperasian mesin bubut, mungkin tahun depan baru bisa,” kata Sudarman, Kamis (20/6).

Disebutkan, uji kompetensi dilakukan oleh LSP BLK Surakarta dan dari hasil uji kompetensi para peserta dinyatakan lulus dengan nilai memuaskan.

Diantaranya, kejuruan Pemeliharaan Kendaraan Ringan lulus 15 dari 16 peserta (93,75 %), Audio Video lulus 11 dari 16 peserta (68,75%), Perakitan Komputer lulus 15 dari 16 peserta (93,75%), dan Teknisi Telephon Seluler lulus 9 dari 16 peserta (56,25 %).

Sudarman menyebut, untuk tahun 2019 UPT BLK Dinperinaker Kabupaten Purworejo mendapat tugas menyelenggarakan pelatihan sebanyak 60 paket terdiri atas 33 paket Institusional dan 27 paket Mobil Training Unit (MTU).

Dalam kesempatan tersebut Sudarman berpesan agar para peserta terus belajar mengembangkan diri.

“Pelatihan ketrampilan ini masih tingkat dasar maka saudara harus tetap dituntut terus belajar pengembangannya,” pesan Sudarman kepada peserta.

Lanjut Sudarman, dirinya juga berharap komunikasi antar peserta maupun dengan instruktur, UPT BLK terus terjalin sehingga jika ada informasi lowongan pekerjaan dapat segera diinformasikan. Jika sudah dapat diterima di perusahaan segera diinformasikan ke instruktur maupun UPT BLK.

“Kepada para alumni saya berharap agar proaktif mencari peluang kerja baik melalui internet atau informasi penerimaan calon karyawan di Dinperinaker Purworejo,” tandas Sudarman. (W5)

Tinggalkan Komentar