PAUD Traju Mas Gelar Webinar “Purworejo Membaca Nyaring”

PURWOREJO, Kabupaten Purworejo adalah salah satu daerah di Provinsi Jawa Tengah yang telah meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) Nasional Tahun 2021 dari Kementerian
Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dengan kategori peringkat Madya. Selain Purworejo, ada 11 kabupaten/kota lain di Indonesia yang mendapatkan penghargaan serupa.

Sejalan dengan itu, Komunitas Read Aloud Indonesia yang diketuai oleh Roosie Setiawan menjadikan Purworejo sebagai tujuan berikutnya dari kegiatan membaca nyaring yang sedang digalakkan di seluruh Indonesia. Acara bertajuk Purworejo Membaca Nyaring itu diinisiasi oleh salah seorang guru PAUD Terpadu Traju Mas.

Meski berlangsung dalam bentuk webinar, kegiatan yang diadakan pada Minggu (1/8) sore itu berlangsung seru. Orang tua dan murid PAUD Terpadu Traju Mas menjadi peserta webinar yang berlangsung selama dua jam itu.

Selain itu juga diikuti oleh elemen masyarakat peduli pendidikan anak, baik di Purworejo maupun daerah lain di Indonesia. Ketua Yayasan PAUD Terpadu Traju Mas Purworejo, Purwaningdyah Murti Wahyuni, SH, M.Hum juga mengikuti acara dan menyampaikan sambutan.

Riri Verena (tengah atas) dan Roosie Setiawan (kiri atas) dalam webinar

Bunda PAUD Kabupaten Purworejo Hj Fatimah Verena Agus Bastian, SE turut berpartisipasi dan memberikan apresiasi. Menurutnya, pendidikan anak usia dini merupakan fondasi yang akan menentukan kualitas anak di masa depan.

“Pada usia dini otak anak akan sangat mudah menerima stimulasi. Oleh karena itu pemberian rangsangan sejak dini termasuk mengajarkan literasi, akan sangat berguna sebagai bekal anak memasuki usia
sekolah,” katanya.

Riri Verena juga sekaligus meresmikan keberadaan Komunitas Purworejo Membaca Nyaring yang berada di PAUD Terpadu Traju Mas, Dukuh Kenteng, Kelurahan Kledung Kradenan, Kecamatan Banyuurip.

Selama satu jam lebih Roosie Setiawan menjelaskan tentang metode read aloud. Ia mengatakan, metode tersebut dapat meningkatkan dan mengembangkan
kosakata anak.

Murid PAUD jadi peserta webinar

“Kegiatan menyimak sebagai bagian dari membaca nyaring akan membentuk tiga fondasi kompetensi berbahasa anak yang lain. Yakni berbicara, membaca, dan menulis. Satu kesatuan ini akan meningkatkan kemampuan merekognisi bahasa secara bertahap serta pemahaman kata-kata secara otomatis,” jelasnya.

Roosie yang merupakan anggota Satgas Gerakan Literasi Sekolah Kemendikbud RI mengungkapkan, metode membaca nyaring telah diperkenalkan ke Indonesia sejak sekitar 2008.

Dirinya berharap nantinya bisa lebih berkembang lagi, terutama di Purworejo yang telah diakui sebagai KLA. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *