Pasca UAS, Siswa SMPN 6 Purworejo Kunjungi Museum Hingga Lomba Tiktok

PURWOREJO, Dua minggu usai pelaksanaan Ujian Akhir Sekolah (UAS), seluruh siswa SMPN 6 Purworejo melaksanakan acara lain dari biasanya. Bila sebelumnya hanya class meeting, kali ini kegiatan out door dan berbagai agenda lainnya. Seperti dituturkan Kepala SMPN 6 Agung Setiyono, M.Pd melalui Waka Kesiswaan Maryanto, M.Pd pada Jum’at (16/12).

Maryanto merinci, pasca UAS selama dua minggu siswa SMPN 6 disibukan dengan aneka kegiatan. “Hari Senin sampai Rabu (5-7/12) dilakukan remidi dan persiapan lomba tiktok bertema nasionalisme. Pesertanya perwakilan kelas 7 hingga 9,” ucap Maryanto kepada Purworejo News.

Selanjutnya pada Jumat (9/12) siswa melakukan kunjungan ke Museum Tosan Aji. Tujuannya adalah untuk mengenalkan warisan budaya terutama prasasti dan keris yang menjadi koleksi museum.

Agung Setiyono, M.Pd dan Maryanto, M.Pd

Berikutnya pada Sabtu (10/12) diadakan fun game di lingkungan sekolah. “Meski semula akan diadakan di alun-alun tapi acara tetap berjalan meriah, anak-anak bergembira,” lanjut waka kesiswaan.

Pada minggu kedua, di hari Senin (12/12) seluruh siswa mengikuti upacara bendera yang dipimpin oleh
Danramil Purworejo. Dilanjutkan dengan sosialisasi tentang anti perundungan di sekolah juga reproduksi dan kenakalan remaja, serta penggunaan gadget.

“Hari Selasa (13/12) lomba tiktok perwakilan kelas. Lalu pada Rabu (14/12) diadakan kampanye penyampaian visi misi dan debat paslon ketua dan waka OSIS, dilanjutkan dengan pemilihan ketos pada Kamis (15/12),” rinci Maryanto.

Salah satu kegiatan lomba pasca UAS

Adapun hari ini (Jumat) siswa mendapat penjelasan tentang Program Indonesia Pintar (PIP) dan kebersihan serta perawatan kelas. Sedangkan Sabtu berupa penerimaan hasil belajar semester 1.

Rangkaian kegiatan yang terprogram tersebut menurut Maryanto bertujuan untuk mengkondisikan siswa agar tetap tertib dan berbeda dari waktu sebelumnya.

“Diharapkan melalui kegiatan outdoor anak-anak bisa melepaskan kepenatan selama UAS dan membangun kerjasama serta bertanggung jawab terhadap diri dan kelompoknya,” katanya.

Mengikuti upacara bendera dengan Irup Danramil Purworejo

Selain itu, melalui kegiatan sosialisasi siswa supaya paham tentang perundungan sehingga tidak melakukannya di sekolah dan di luar lingkungan. Juga agar mereka mengetahui perkembangan fisik dan emosional serta menempatkan sesuai tahapan perkembangan.

Tak hanya itu, siswa juga diharapkan bisa memilah dna memilih konten-konten yang positif sehingga lebih bermanfaat. Terkait kegiatan pemilihan ketua OSIS diharapkan dapat menumbuhkan jiwa demokrasi di lingkungan sekolah.

Saat libur sekolah mulai 19 Desember 2022 sampai 1 Januari 2023 pun pihak sekolah mengharapkan para siswa dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya. (Dia)

Tinggalkan Komentar