Pantau Penerapan Prokes Shalat Tarawih, Bupati Awali Tarling di Kampung Halaman

NGOMBOL, Memasuki hari ke lima puasa Ramadhan, Bupati Purworejo RH Agus Bastian, SE, MM mulai melakukan kegiatan tarawih keliling (tarling). Lokasi pertama yang dikunjungi yaitu kampung halamannya, Masjid Nurul Iman Desa Wasiat, Kecamatan Ngombol, Sabtu (17/4).

Bupati datang ke Masjid Nurul Iman bersifat incognito atau diam-fiam tanpa pemberitahuan lebih dulu kepada takmir.

Bupati juga memanfaatkan kegiatan tarawih keliling untuk memantau penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan shalat tarawih. Pada kesempatan itu Bupati didampingi oleh Asisten Sekda bidang Administrasi dan Kesra Pram Prasetyo Ahmad, Kabag Kesra Fathurrakhman, Kabag Humas dan Protokol Rita Purnama serta pengurus BAZNAS. 

Dalam arahannya Bupati menghimbau agar masyarakat tetap melaksanakan ibadah dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, serta mengaktifkan kembali jogo tonggo. 

“Mudah-mudahan pandemi Covid-19 tidak mengurangi kekusyukan kita dalam beribadah,” himbaunya.
Bupati juga meminta agar masyarakat mentaati larangan Pemerintah untuk tidak mudik Lebaran. 

Bupati beri arahan kepada jamaah

“Mari kita berikan pengertian kepada keluarga yang di perantauan agar tidak mudik, demi keselamatan kita semua,” ajaknya.

Terkait hidangan berbuka dan sahur, Bupati meminta masyarakat menyiapkan hidangan yang sederhana, namun tetap mencukupi gizi keluarga.

“Pandemi ini memang telah mengakibatkan kondisi kita tidak karu-karuan, namun kita harus tetap sabar, tawaqal dan semangat,” harapnya.

Agar kondisi perekonomian membaik, Bupati juga telah membuat program Larisi Purworejo. Masyarakat bisa mengembangkan produksi yang dipasarkan melalui BUMDes, pasar maupun sentra-sentra UMKM. Di sisi lain masyarakat juga diminta untuk membeli produk lokal Purworejo. 

“ASN sudah saya wajibkan untuk membeli beras Purworejo dan batik Purworejo. Rapat-rapat juga harus menggunakan jamuan lokal Purworejo,” ungkapnya. (**/Nas)

Tinggalkan Komentar