Nomor WA Kasek SMPN 3 Diretas untuk Minta Uang ke Sejumlah Orang

KUTOARJO, Maraknya kasus peretasan (hack) melalui pesan WhatsApp (WA) yang sering terjadi akhir-akhir ini, menimpa pula Kepala SMPN 3 Purworejo Tarmiyah Temu, S.Pd, M.Pd. Nomor ponselnya yang terkoneksi ke saluran WA diretas pihak yang tidak bertanggungjawab untuk meminta uang kepada sejumlah orang.

Ditemui di ruang kerjanya, Rabu siang (20/1) Tarmiyah mengaku dirinya baru sadar kalau nomor WA-nya diretas pada Senin (18/1) pagi sekitar pukul 09.00.

“Waktu itu cucu saya mengirimkan unggahan tangkap layar kepada ibunya (anak saya). Isinya permintaan supaya cucu saya mentransfer uang senilai Rp 3 juta. Mengetahui hal tersebut anak saya langsung menelpon saya. Saat itu saya baru sadar kalau nomor WA saya diretas,” tutur Tarmiyah.

Tak lama berselang, dirinya mendapat pemberitahuan dari reporter Purworejonews bahwa nomornya diduga diretas. Peretas meminta transfer uang senilai Rp 1 juta. Pelaku bahkan memberikan nomor rekening Bank CIMB Nomor Rekening 70598640530  atas nama Atika Susilawati. Saat ditanya cabang bank dimaksud, pelaku menjawab cabang Bandung.

Tarmiyah saat diwawancarai reporter Purworejonews

Rupanya pengaduan terus berdatangan hingga akhirnya dirinya meminta kepada admin beberapa grup yang diikutinya untuk mengeluarkan namanya. Karena ternyata si pelaku juga masih aktif di WAG keluarga.

Tak hanya melalui saluran WA. Menurut Tarmiyah ada juga temannya di Jakarta  yang nyaris tertipu hendak mentransfer sejumlah uang saat mendapat pemberitahuan melalui messenger.

Setelah kejadian itu ia tidak mengaktifkan saluran WA. “Begitu tidak pakai WA saya merasa nyaman,” ucap Tarmiyah santai.

Dirinya pun sudah menghubungi pihak provider untuk memblokir nomor HP serta akun medsos lainnya. Pelaku tampak terakhir kali aktif pada Senin malam pukul 19.47 WIB. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *