Nikmati Libur Akhir Tahun, Ini Daftar 10 Lokasi Kuliner di Purworejo yang Direkomendasi

PURWOREJO, Anda yang berlibur akhir tahun ke Purworejo bersama keluarga, kurang lengkap rasanya bila tidak menikmati makan bersama di tempat kuliner yang menyajikan aneka hidangan khas. Berikut kami sajikan 10 tempat makan dengan kuliner khasnya.

1. Rumah Makan Mbok Sastro 

Rumah makan yang terletak di Jalan ring road utara Desa Tegalsari Purworejo ini menyajikan aneka masakan tradisional dan menu rumahan seperti sayur asem, lodeh, lompong, dan aneka sayur ndeso lainnya. Lauknya pun beragam mulai tahu, tempe, ikan kali, dengan aneka sambal yang bisa dipilih sesuai selera.

Warung makan yang buka hingga pukul 21.00 itupun menyediakan aneka minuman tradisional seperti wedang uwuh, dan bir jawa.

Menu masakan Jawa rumahan

2. Warung  Makan Mbah Sri

Letaknya di dalam gang sempit di depan Kantor Kemenag Tegalsari tak mengurangi minat para pecinta kuliner tradisional untuk datang. Dimasak menggunakan tungku yang berada di samping aneka masakan yang dihidangkan, warung makan Mbah Sri menyajikan menu yang tidak pernah  berubah selama puluhan tahun. 

Daging koyor, sayur krecek tahu, terik telur, oseng kacang, dengan lauk tahu tempe bacem serta iso babat dan balado telur menjadi menu wajib selain urap di warung yang buka mulai pukul 10.00 hingga sore hari itu.

Masakan khas di warung makan Mbah Sri Tegalsari: kikil, daging dan koyor, tahu krecek

3. Warung Sop Iga Balung Popongan 

Para pencinta sop iga sapi, tempat ini paling melegenda di Purworejo. Tapi jangan terlalu siang bila Anda ingin menikmati nikmatnya seporsi sop iga yang harganya terjangkau itu, karena biasanya warung makan yang letaknya di samping Kantor Dinas PUPR itu hanya buka hingga pukul 14.00. Itu karena banyaknya peminat tapi si pemilik enggan menambah porsi  jualannya. 

Seporsi sop iga dengan dagingnya yang empuk ditambah sambal kecap dan sepiring nasi dijamin membuat Anda kenyang tiada tara.

Sop iga Popongan

4. Bakso  dan Mi Ayam Pak Min Krendetan Bagelen 

Dari puluhan warung bakso yang ada di Purworejo, Bakso Pak Min merupakan salah satu yang direkomendasikan. Letaknya di tepi raya Desa Bagelen membuat tempat jni tak pernah sepi. Selain bakso, di tempat ini juga ada mi ayam, serta beberapa jajanan khas Bagelen seperti lanting.

Bakso Pak Min yang terkenal lezat

5. Warung Puyuh Ungkep Tiga Zaman Bagelen

Meski namanya puyuh ungkep atau bacem, tempat ini juga menyediakan puyuh goreng atau puyuh geprek lengkap dengan sambalnya yang khas. Bersama keluarga atau orang tercinta, Anda penggemar masakan burung puyuh bisa datang mulai pukul 11 hingga 20.00.

Puyuh bacem yang khas

6. Warung Makan Mbok Pawiro Kutoarjo

Nama warung makan ini memang sudah melegenda sejak puluhan tahun lalu. Meski letaknya bukan di jalan raya, tepatnya di Jalan Randu Gapit sebelah selatan alun-alun Kutoarjo, tapi menu sayur gudeg juga aneka lauk dan sayurnya menjadi jujugan pecinta masakan pedas.

Aneka masakan lezat di RM Mbok Pawiro

7. Sate Kambing Pak Mustofa Winong

Bagi penggemar sate kambing, warung makan di Desa Winong ini sudah terkenal sejak dulu. Selain sate kambing, warung makan ini juga menyediakan menu olahan kambing lainnya seperti gule dan tongseng.

Buka mulai pagi hingga sore hari, warung sate kambing Pak Mustofa menyajikan sate dengan daging yang empuk dan menggugah selera.

Sate Winong Mustofa yang melegenda

8. Ayam Ingkung Pesona Trukan Tambahrejo Bagelen

Datang bersama anggota keluarga, Anda dapat menikmati satu porsi ayam ingkung dengan harga terjangkau, lengkap dengan sambal dan lalapannya.  Selain itu di tempat ini Anda juga bisa menikmati menu lain seperti iga dan ikan  bakar dan ca kangkung, serta aneka minuman tradisional seperti es bunga telang, bir jawa, dan es selasih.

Suasana yang nyaman dan asri di Pesona Trukan Tambahrejo

9. Rumah Makan Mbak Tin

Sepertinya rumah makan ini paling komplet menu makanannya. Dari mulai sayur hingga lauknya lengkap tersedia dengan aneka penyajian, digoreng maupun dibakar. Aneka menu seafood pun tersedia.

Selain berlokasi di Jalan Yogya, Rumah makan Mbak Tin juga membuka cabang di Jalan Soekarno Hatta, Demangan Banyuurip.

Buka mulai pagi hingga malam hari, Rumah makan Mbak Tin juga menyediakan aneka minuman, termasuk es Brasil yang melegenda.

Sop seefood dan gurami asam manis Mbak Tin

10. Soto Pak Rus 

Soto yang satu ini pun tak kalah melegenda nya di Purworejo. Meski aidah berpindah tempat, semula di kawasan stasiun Purworejo dan sekarang di area bekas pasar pagi Kampung Tuksongo, Soto Pak Rus tetap jadi idola terutama yang mencari menu soto untuk sarapan.

Dengan asesoris lengkap seperti iso dan babat serta perkedel dan  tahu tempe bacem, soto Pak Rus jadi makin lezat untuk dinikmati bersama keluarga. Bahkan rasanya seporsi soto Pak Rus tidak cukup untuk pelepas lapar.

Soto Pak Rus dengan iso pasangannya

Anda mau coba yang mana? (Yudia Setiandini)

Tinggalkan Komentar