Nguri-Uri Budaya, SMK PN dan PN 2 Rutin Gelar Pentas Seni

PURWOREJO, Sebagai sekolah swasta yang tidak hanya mengutamakan kualitas akademik, SMK PN dan SMK PN 2 Purworejo juga berusaha membangun karakter anak didiknya melalui kegiatan seni budaya. Hal itu dimaksudkan untuk menanamkan rasa cinta dan bangga terhadap budaya lokal dengan nguri-nguri kabudayan adi luhung.

Untuk upaya itulah, setiap Jumat Kliwon malam Sabtu Legi SMK PN dan PN 2 menggelar siaran seni budaya berupa pagelaran wayang kulit di Gedung Seni Budaya SMK PN- PN2 .Tujuannya adalah untuk memfasilitasi sanggar seni serta menyatukan para seniman Purworejo supaya bisa mengekspresikan dirinya di bidang seni.

Pada kesempatan kali ini pentas wayang kulit dihadiri Ketua Pepadi (Persatuan Pedalangan Indonesia) Sukamto, S.Sos. Adapun lakon yang diambil yakni Sirnaning Pedhut Manduro oleh dalang Ki Danang Afriyanto, S.Pd.

Pentas kali ini merupakan pertunjukan ke-169 dengan menampilkan pagelaran Ringgit Purwo dari Sanggar Mardika Laras, Desa Kaligono, Kaligesing. Selama pandemi, tamu yang diundang sangat terbatas. Untuk itu pentas wayang disiarkan secara live streaming youtube dan disiarkan di radio Mitra Kasih FM. (Dia)

Tinggalkan Komentar