Natal, Rutan Purworejo Beri Remisi Dua WBP Nasrani

PURWOREJO, Rumah Tahanan (Rutan) Negara Kelas IIB Purworejo menggelar acara penyerahan Remisi Khusus Hari Raya Natal tahun 2020 kepada dua WBP nasrani yang memenuhi syarat mendapatkan remisi. Pemberian remisi dilakukan Jumat (25/12) di Aula Baharudin Lopa, dihadiri Kasubsi Pelayanan Tahanan Marjuki dan Staf Pelayanan Tahanan.

Sebelum menyampaikan sambutan Menteri Hukum dan HAM Yasona H Laoly, Marjuki mengatakan,
Rutan Purworejo dihuni oleh 170 WBP, terdiri atas 123 narapidana dan 47 tahanan.

“Dari jumlah itu, yang beragama Nasrani ada empat orang. Tapi yang dinyatakan memenuhi syarat untuk diusulkan mendapatkan Remisi Khusus Hari Raya Natal hanya dua orang, “jelas Marjuki.

Keduanya yaitu Riki Riyanto, narapidana kasus narkoba dengan perolehan pemotongan masa pidana selama satu bulan, dan Surati, narapidana kasus kekerasan dengan pemotongan masa pidana sebesar 15 hari.

WBP Nasrani mengikuti ibadah Natal melalui live streaming YouTube

Dalam sambutannya, Menteri Hukum dan HAM menyebutkan, remisi diberikan sebagai bentuk apresiasi terhadap WBP yang sudah berhasil mencapai penyadaran diri yang tercermin dalam perubahan sikap dan perilaku sehari hari. Mereka dinilai terus berupaya memperbaiki diri dan mengikuti program pembinaan dengan baik di dalam Lapas/Rutan.

Yasona juga mengatakan, di masa pandemi yang masih berlangsung, UPT Pemasyarakatan masih memberlakukan penundaan penerimaan tahanan baru, penundaan kegiatan layanan kunjungan, serta pelaksanaan sidang melalui Video Conference di lapas maupun rutan .

Menurut Yasona, pemberian remisi khusus natal merupakan salah satu puncak Revolusi Pemasyarakatan, yaitu pemberian hak remisi kepada Narapidana dan Anak dengan berkomitmen untuk melakukan penataan dalam rangka meningkatkan kinerja pelayanan publik.

Kegiatan Peringatan Hari Raya Natal di Rutan Purworejo diakhiri dengan menyaksikan acara Ibadah Natal melalui Live Streaming Youtube oleh GKJ Purworejo. (Dia)

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *