Muda Ganesha dan Ganesha Voice Gelar Lomba Paduan Suara Pelajar

PURWOREJO, Alumni SMA Negeri 1 Purworejo yang tergabung dalam Paguyuban Muda Ganesha (MG) berkolaborasi dengan Ganesha Voice (GV) SMAN 1 Purworejo menggelar Lomba Paduan Suara (Padus) dan Sosialisasi Lagu Purworejo Kota Pejuang ciptaan Yosafat Angling Setyo, Minggu (25/8).

Kegiatan berlangsung di Aula SMAN 1 Purworejo diikuti sebanyak 16 grup Padus sekolah jenjang SMP/MTs dan SMA/SMK/MA sederajat se-Kabupaten Purworejo.

Ketua Umum MG yang juga Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Dwi Wahyu Atmaji, MPA, hadir dan membuka acara tersebut.

“Tujuannya tidak lain untuk mewariskan semangat perjuangan kebangsaan kepada generasi muda. Selain itu juga memotivasi masyarakat Purworejo yang dikarunia dengan kelahiran banyak pejuang kebangsaan, sebagian dari mereka bahkan mendapat anugerah pahlawan nasional, seperti WR Soepratman, Kasman Singodimejo, Oerip Soemohardjo, dan Achmad Yani,” kata Dwi Wahyu Atmaji di sela-sela acara.

Diungkapkan, Lomba Padus menjadi tindak lanjut deklarasi Purworejo Kota Pejuang yang dilakukan saat Napak Tilas Perjuangan Tentara Pelajar pada 11 November 2018 lalu.

Selain melombakan, MG juga telah mendistribusikan lagu Purworejo Purworejo Kota Perjuang hasil rekaman tim paduan suara SMAN 1 ke sekolah-sekolah, mulai jenjang SD hingga SMA sederajat.

Dian Ramadhan Yuwono, siswa kelas XII MIPA-7 selaku Ketua Panitia Lomba Padus menyebutkan, lomba diikuti 9 grup kategori SMA dan 7 grup kategori SMP sederajat. Masing-masing grup menampilkan lagu wajib Purworejo Kota Pejuang dan 1 lagu nasional dari 6 lagu pilihan yang disediakan.

“SMAN 1 tidak ikut karena sebagai penyelenggara. Lomba kali ini merupakan babak penyisihan dan masing-masing kategori diambil 5 finalis. Babak final akan kita adakan tanggal 31 Agustus 2019,” sebutnya.

Dari hasil penilaian juri diketahui, 5 finalis pada kategori SMP yakni SMPN 1, SMPN 2, SMPN 19, SMPN 22, dan SMPN 36 Purworejo. Sementara 5 finalis kategori SMA yakni SMAN 2, SMAN 6, SMAN 7, SMAN 9, dan SMK Penabur Purworejo.

Masing-masing finalis mendapatkan hadiah senilai Rp 500 ribu. Selanjutnya pada babak final nanti, mereka akan memperebutkan hadiah jutaan rupiah yang telah disiapkan panitia. (W5)

Tinggalkan Komentar