Minta Dukungan Program Guru Penggerak, Sekretaris Ditjen GTK Kunjungi Purworejo

PURWOREJO, Dalam rangka permohonan dukungan kepada kepala daerah terkait program guru penggerak, Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof Dr Nunuk Suryani MPd melakukan kunjungan kerja ke Purworejo. Dalam kegiatan yang dilakukan pada hari Rabu (8/6) itu, Nunuk diterima oleh Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH di ruang kerjanya.

Dalam acara yang juga dihadiri Kadindikbud Wasit Diono, S.Sos itu, Prof Nunuk juga menyampaikan bahwa dirinya mendorong para guru penggerak yang telah lulus pendidikan agar dapat menjadi kepala sekolah. Tujuannya untuk mengisi kekosongan jabatan yang ada.

Disebutkan, di Kabupaten Purworejo sudah ada 24 guru penggerak untuk TK, SD dan SMP. Ia berharap mereka dapat mengimplementasikan dan menularkan hasil pembelajaranya selama sembilan bulan yang telah dilalui ke lingkungan maupun komunitas terdekatnya dulu.

Prof Nunuk Suryani dan Wabup Yuli Hastuti

Adapun wabup mengatakan, berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional hingga hari ini masih terus dilakukan.

“Hal itu bisa dilihat dari berbagai langkah yang dilakukan pemerintah, dengan senantiasa membuat terobosan agar sistem pendidikan dan kurikulum bisa membantu peserta didik tumbuh menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan berkarakter,” ucapnya.

Akan tetapi, menurut wabup, usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan bukan hanya didasarkan pada kurikulum yang dihadirkan, melainkan juga ada peran besar dari guru.

Foto bersama di kantor wakil bupati

Menurutnya, guru adalah pihak yang bertanggungjawab secara langsung dalam keberhasilan belajar siswa di ruang kelas. Jadi boleh dibilang guru merupakan subjek utama dalam berbagai praktik peningkatan mutu pendidikan, terutama yang terkait dengan mutu pembelajaran.

Dikatakan, sebagai elemen kunci dalam sistem pendidikan khususnya di sekolah, guru merupakan titik sentral dalam pembaharuan dan peningkatan mutu pendidikan. Dengan kata lain, salah satu persyaratan penting bagi terwujudnya pendidikan yang bermutu yakni bila dilakukan oleh guru yang profesionalitasnya dapat diandalkan.

“Melalui Program Guru Penggerak, Pemerintah tidak hanya ingin menjadikan mereka guru-guru yang hebat, tapi juga menjadikan mereka pemimpin perubahan terbaik,” tandasnya. (Dia)

Tinggalkan Komentar