Meski Terus Merugi, PT KAI Tak Lakukan PHK Karyawan

KUTOARJO, Di tengah deraan kerugian yang masih terus terjadi selama sembilan bulan pandemi, Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Eko Budianto menegaskan, PT KAI belum dan tidak akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) kepada karyawannya. Menurut Eko seperti yang disampaikan Sabtu (19/12), PT KAI masih bisa bertahan dengan profesionalisme dan efisiensi di berbagai sektor.

Diakui Eko, walaupun dirinya tidak merinci nomimal kerugian, tapi setidaknya dari prosentase penurunan jumlah penumpang yang sangat signifikan menunjukkan bahwa kerugian yang diderita sangat besar.

“Akhirnya langkah efisiensi besar-besaran kami lakukan, misalnya dengan mengurangi penggunaan air dan listrik sehemat mungkin,” ucapnya.

Meski begitu, lanjut Eko, PT KAI masih meneruskan tradisi berbagi melalui program Corporate Social Responsibility (CSR). Antara lain dengan kegiatan bina lingkungan berupa pembangunan sarana ibadah serta santunan bagi korban bencana.

Selain itu, lanjut Eko, di Stasiun Purwokerto juga mulai disediakan space bagi UMKM untuk menjual produk mereka kepada calon penumpang. “Nantinya akan kami terapkan juga di stasiun lain di Daop 5 termasuk Stasiun Kutoarjo,” ucap Eko.

Ia berharap masyarakat dapat kembali menggunakan jasa kereta api sebagai sarana bepergian yang aman dan nyaman terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

“Semua kami antisipasi termasuk dengan menyediakan pos kesehatan dengan adanya dokter dan paramedis yang on call 24 jam. Sarana prasarana juga kami tingkatkan untuk kenyamanan penumpang melalui pembangunan yang tengah kami lakukan ,” pungkasnya. (Dia)

 377 kali dilihat,  2 kali dilihat hari ini

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *