Meriah, Perayaan Ulang Tahun ke-64 SMPN 4 Purworejo

PURWOREJO, Meski dirayakan dalam kesederhanaan, ulang tahun ke-64 SMPN 4 tetap berlangsung meriah. Hal itu karena ratusan siswa kelas 7,8, dan 9 serta guru dan karyawan serentak mengikuti jalan sehat yang diadakan pada Senin (1/8) pagi. Diiringi tim drumband, mereka berjalan sepanjang Jalan Urip Sumoharjo menuju Jalan Mayjen Sutoyo sebelum akhirnya kembali ke sekolah.

Setiba di sekolah, tim drumband melakukan atraksi dan mendapat aplaus dari seluruh siswa serta alumni yang sudah berkumpul di halaman sekolah. Sebuah panggung berukuran besar disediakan lengkap dengan aneka doorprize untuk peserta jalan sehat.

Ketua panitia Emi Nurhidayat menjelaskan, rangkaian ulang tahun kali ini memang diselenggarakan secara sederhana. “Diawali dengan apel pagi lalu jalan santai, dilanjutkan panggung hiburan dan lomba tumpeng serta makan bersama” kata Emi kepada Purworejo News.

Atraksi drumband SMPN 4

Untuk lomba tumpeng, menurut Emi, diikuti oleh seluruh kelas dengan waktu satu jam.
Disamping itu, untuk hadiah hiburan peserta jalan sehat, panitia menyediakan ratusan hadiah. Diantaranya tiga buah sepeda, kompor gas, kipas gas, dan ratusan hadiah hiburan lainnya.

“Hadiah tersebut berasal dari sumbangan alumni serta sponsor,” lanjut Emi. Selain pengurus komite, para alumni pun turut diundang dalam acara itu. Mereka datang dan berkumpul bersama teman-teman sambil bernostalgia.

Terkait ulang tahun kali ini, kepala SMPN 4 Purworejo Sutarto, M.Pd mengungkapkan, 64 tahun merupakan usia yang sudah matang. Hal itu ditegaskan dengan banyaknya lulusan yang tersebar di seluruh penjuru tanah air.

Peserta lomba tumpeng antar kelas



“Di usia yang matang ini SMPN 4 telah mengantar anak didik dan menjadi sekolah yang diharapkan masyarakat. Sebagai institusi pendidikan, sekolah ini bukan hanya mentransfer ilmu tetapi juga mendidik karakter anak,” kata Sutarto.

Selain siap meluluskan profil Pelajar Pancasila melalui Kurikulum Merdeka, SMPN 4 juga telah mengalami perkembangan luar biasa. Tidak hanya segi fisik tapi juga meningkatkan mutu di bidang akademik dan non akademik.

Sutarto merinci, prestasi SMPN 4 tak kalah bersaing dengan sekolah lain, diantaranya pada event Popda dan FLS2N. Pada momen PPDB pun, SMPN 4 masih menjadi sekolah yang paling banyak diminati.

Kepala SMPN 4 Sutarto, M.Pd

Sutarto berharap SMPN 4 yang semula bernama SMPN 3 dapat menjadi sekolah yang unggul baik di bidang akademik maupun non akademik. Saat ini ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang menjadi favorit di SMPN 4, diantaranya drumband dan karawitan.

“Insya Allah SMPN 4 dapat menjadi sekolah terbaik dengan didukung tenaga pendidik yang handal dan berkompeten serta alumni yang kompak mensuport kegiatan adik kelas,” kata Sutarto. (Dia)

Tinggalkan Komentar